JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Diny Hendrawati (SMAN 2 Pandeglang)
Luluk Asmawati (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Chussaery Rusdi Syarif (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi pokok bahasan pencemaran air di kelas X SMAN 2 Pandeglang tahun pelajaran 2013-2014. Jumlah subjek penelitian adalah 40 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling, metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experiment, dengan rancangan desain faktorial 2x2. Analisis data hasil penelitian menggunakan ANAVA 2x2, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan rata-rata skor hasil belajar Biologi siswa yang belajar dengan model pembelajaran berasis masalah dan siswa yang belajar dengan model Think Pair and Share dengan nilai Fhitung = 7,16; 2) terdapat perbedaan rata-rata skor hasil belajar Biologi siswa antara berpikir kreatif tinggi dan rendah nilai Fhitung = 4,24; dan 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kreatif secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar nilai Fhitung = 89,62, dengan nilai Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 4,11. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Biologi siswa tentang pencemaran air di kelas X SMAN 2 Pandeglang. Kata-kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, berpikir kreatif, Biologi, pencemaran air

Copyrights © 2014