JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

Sri Mulyawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sudadio Sudadio (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Suherman Suherman (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan budaya organisasi dengan kompetensi kepribadian guru di SMA Negeri kota Cilegon. Dari populasi guru PNS di SMA Negeri kota Cilegon yang berjumlah 265 orang, sebanyak 73  orang sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, dengan menggunakan pendekatan survey dan angket sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) secara parsial gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kompetensi kepribadian guru,dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.33 > r tabel, 0.2303, nilai sig 0,006 < 0,05, dan T hitung, 2,820 > T tabel, 1,994. Hal ini memgisyaratkan bahwa semakin efektif gaya kepemimpinan kepala sekolah akan semakin baik kompetensi kepribadian guru, 2) budaya organisasi memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kompetensi kepribadian guru, dengan nilai r sebesar 0.56 > r tabel, 0.2303, nilai sig 0,000, dan nilai T hitung, 5.70 > T tabel, 1.994, serta menunjukkan hubungan yang paling kuat. Dapat diartikan bahwa semakin kuat budaya organisasi maka semakin baik kompetensi kepribadian guru, 3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kompetensi kepribadian guru, dengan nilai koefisien korelasi ganda 0.53 > r tabel 0.2303, pada nilai sig 0,000, dan F hitung 16,375 > F tabel, 3,13. Dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah yang semakin efektif dan budaya organisasi yang  semakin  kuat  akan  semakin  memperbaiki kompetensi kepribadian guru. Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan kompetensi kepribadian guru

Copyrights © 2020