JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, DAN MATH) UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SENI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-KAUTSAR KECAMATAN PURWAKARTA KOTA CILEGON

Farida Ariyani Kangiden (PAUD AL KAUTSAR CILEGON)
Luluk Asmawati (Unknown)
Cucu Atikah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math) yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun?, (2) Bagaimana pelaksanaan Metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math) yang dapat mengembangkan kemampuan Seni anak usia 5-6 tahun?, (3) Apakah terdapat kemajuan perkembangan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun setelah diterapkan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math)? (4) Apakah terdapat kemajuan perkembangan kemampuan seni pada anak usia 5-6 tahun setelah diterapkan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math)?.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui :(1) Pelaksanaan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math) yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun, (2) Pelaksanaan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math) yang dapat mengembangkan kemampuan Seni anak usia 5-6 tahun, (3) Kemajuan perkembangan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun setelah diterapkan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math), (4) Kemajuan perkembangan kemampuan seni pada anak usia 5-6 tahun setelah diterapkan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menujukan sebagian besar anak memperoleh predikat baik sekali. Saran, pendidik menggunakan STEAM dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan pengembangan kognitif dan seni pada Peserta Didik.

Copyrights © 2022