JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN TREASURE HUNT DAN KREATIVITAS MEMBUAT CATATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Nunung Nurjanah (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sholeh Hidayat (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Chusaery Rusdi Syarif (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2016

Abstract

Desain penelitian adalah penelitian eksperimen yaitu desain faktorial 2x2. Waktu penelitian Oktober-Desember 2013. Perhitungan data dilakukan uji ANAVA dua jalur dengan program Statistika Komputer SPSS 19 for Windows. Hasil perhitungan H1 diterima jika sig>0,05yaitu derajat kepercayaan 5%). Hasil analisis untuk perbedaan hasil belajar menggunakan metode permainan treasure hunt dan kerja kelompok, signifikansi 0,576 > 0,05. Sehingga H1 diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa dengan treasure hunt dan kerja kelompok. Hasil analisis untuk kreativitas, signifikansi 0,000 < 0,05  sehingga H1 ditolak, maka keputusanyang diambil adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan (sama) antara hasil belajar pada siswa yang memiliki kreativitas membuat catatan tingi dan rendah. Sedangkan pengujian ada tidaknya interaksi antara metode dan kreativitas,menunjukkan bahwa signifikansi 0,976 > 0,05. H1 diterima yaitu terdapat pengaruh interaksi antara metode dan kreativitas membuat catatan terhadap hasil belajar Dari hasil penelitian tergambar bahwa penggunaan metode permainan treasure hunt dapat membantu siswa memperoleh hasil belajar. Kata kunci: Treasure hunt, kreativitas, Hasil Belajar

Copyrights © 2016