JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PELATIHAN DENGAN KINERJA GURU PAUD DI KECAMATAN MAJA

Cucu Atikah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nenih Husnaeni (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik  dengan kinerja guru di Kecamatan Maja Kabupaten Lebak, hubungan pelatihan dengan kinerja guru di Kecamatan Maja Kabupaten Lebak, dan hubungan kompetensi pedagogik dan pelatihan secara bersama-sama dengan kinerja guru PAUD di Kecamatan Maja Kabupaten Lebak. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui studi korelasi. Populasi berjumlah 81 guru PAUD dengan jumlah sampel adalah 34 orang guru dengan teknik purposive sampling. Tempat penelitian dilaksanakan di Kecamatan Maja. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif Kompetensi Pedagogik dengan Kinerja Guru pada Guru PAUD di Kecamatan Maja. Pengaruh variabel Kompetensi Pedagogik (X1) dengn variabel Kinerja Guru (Y) ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = a + b X1 = 64,719 + 0,488 X1. Koefisien regresi sebesar 0,488 menyatakan bahwa setiap penambahan satu skor atau nilai kompetensi pedagogik akan memberikan peningkatan skor sebesar 64,719 terhadap nilai Kinerja Guru. (2) Terdapat hubungan antara Pelatihan dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Maja. Pengaruh variabel Pelatihan  (X2) dengan variabel Kinerja Guru   (Y) ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = a + b X2 =  67,886 + 0,517 X2. Koefisien regresi sebesar 0,517 menyatakan bahwa setiap penambahan satu skor atau nilai Pelatihan akan memberikan peningkatan skor sebesar 67,886. (3) hubungan positif dalam tingkatan sedang antara Pelatihan secara bersama-sama dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Maja. Ditunjukkan dengan persamaan regresi   Ŷ = a + b1 X1 + b2 X2 = 64,445 + 0,488X1 + 0,517X2. Koefisien regresi sebesar 0,488 dan 0,517  menyatakan bahwa setiap penambahan satu skor atau nilai Kinerja Guru  akan memberikan peningkatan skor sebesar 64,445. Kata kunci : kompetensi pedagogik, pelatihan dan kinerja guru

Copyrights © 2021