JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Tuti sumandani (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yayat Ruhiat (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Luluk Asmawati (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan minat belajar terhadap Hasil belajar konsep cahaya siswa Kelas V SDN Sukaratu 1 Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang.Metode untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan metode eksperimen, dengan desain faktorial 2 x 2. Penelitian dilakukan  pada siswa kelas V, jumlah sampel 40 siswa dalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol menggunakan metode ekspositori dan kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Data dikumpulkan dengan tes Hasil belajar konsep.Analisis data menggunakan Anova dua jalur dan uji Tukey dengan taraf signifikan 0.05. Hasil belajar konsep cahaya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari metode ekspositori.Hasil belajar konsep cahaya  pada kelompok peserta didik  minat belajar tinggi lebih tinggi dari kelompok peserta didik  minat belajar rendah. Terdapat pengaruh interaksi penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan minat belajar terhadap Hasil belajar konsep cahaya.Hasil belajar konsep cahaya yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing kelompok minat belajar tinggi lebih tinggi dari yang menggunakan metode ekspositori.Hasil belajar konsep cahaya yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing kelompok minat belajar rendah lebih rendah dari yang menggunakan metode ekspositori.Hasil belajar konsep cahaya yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing kelompok minat belajar tinggi lebih tinggi dari yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing kelompok minat belajar rendah.Hasil belajar konsep cahaya yang menggunakan metode ekspositori kelompok minat belajar tinggi lebih rendah dari yang menggunakan metode ekspositori kelompok minat belajar rendah. Hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwaapabila model pembelajaran inkuiri terbimbing dilakukan dengan memperhatikan minat belajar peserta didik akan mampu meningkatkan Hasil belajar konsep. Kata Kunci :Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Minat Belajar, Dan Hasil Belajar Konsep Cahaya

Copyrights © 2016