Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1) cara mendesain pembelajaran model pembelajaran berbasis proyek untuk peningkatan kreativitas dan hasil belajar IPA, (2) cara menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk peningkatan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V, (3) cara mengevaluasi pembelajaran tberbasis proyek di kelas V, (4) peningkatan kreativitas setelah diterapkannya pembelajaran berbasis proyek, (5) Peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkannya pembelajaran berbasis proyek kelas V SDN Tegalwangi Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek, bertempat di SDN Tegalwangi Kota Cilegon. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan April 2018. Subyek penelitian terdiri dari peneliti dan penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan kreativitas siswa sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara obyeknya adalah siswa kelas V SDN Tegalwangi Kota Cilegon berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA pada tema lingkungan sahabat kita pada materi siklus air pada siswa kelas V SDN Tegalwangi Kota CilegonKata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar IPA, Kreativitas
Copyrights © 2018