JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA EBOOK PADA MATERI NARRATIVE TEXT UNTUK SISWA SMA

Rini Setyaningsih (SMA Negeri 1 Mancak)
Suherman Suherman (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Masrupi Masrupi (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan media pembelajaran bahasa Inggris yang layak, efektif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik sehingga mengakibatkan hasil belajar kognitif peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-book multimedia pada materi narrative text mata pelajaran bahasa Inggris untuk peserta didik SMA yang layak dan efektif. Metode penelitian ini adalah R and D (Research and Development) dengan mengacu pada model Borg dan Gall yang disederhanakan. Hasil Kelayakan e-book multimedia berdasarkan pada 3 aspek, antara lain: 1) Kelayakan materi yang divalidasi oleh 2 orang ahli materi yaitu dosen pascasarjana jurusan bahasa Inggris dengan perolehan persentase rerata 85.92% dikategorikan sangat layak, 2) Kelayakan desain media melalui validasi ahli desain media yang dilakukan oleh 2 orang dosen pascasarjana jurusan Teknologi Pembelajaran memperoleh kategori layak dengan persentase rerata 79.46%, dan 3) Kelayakan yang ditinjau dari pengguna produk yaitu peserta didik dan guru bahasa Inggris melalui uji coba pada kelompok kecil yang melibatkan 10 peserta didik dan 1 guru bahasa Inggris memperoleh persentase rerata 85.45% dikategorikan sangat layak, dan hasil uji coba pada kelompok besar yang melibatkan 50 peserta didik dari 5 sekolah yang berbeda memperoleh persentase rerata 88.79% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba pada kelompok besar oleh 13 guru bahasa Inggris yang tergabung dalam forum MGMP bahasa Inggris diperoleh persentase rerata 86.98% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kemanfaatan ditinjau dari motivasi belajar peserta didik yang diperoleh dari 50 peserta didik pada uji coba kelompok besar yang mengisi angket setelah menggunakan e-book multimedia yaitu 84.4% dengan kategori sangat baik. Hasil uji keefektifan produk ditinjau dari meningkatnya hasil belajar kognitif peserta didik melalui uji t diperoleh nilai signifikansi 0.000 (0.000<0.05) sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kognitif peserta didik pada materi narrative text sebelum dan sesudah menggunakan e-book multimedia dengan perbedaan skor antara skor pretest dan posttest adalah -31.375 dimana rerata skor pretest 53.75 dan rerata skor posttest 85.13. Maka dapat disimpulkan bahwa produk e-book multimedia pada materi narrative text yang dihasilkan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Kata kunci: Penelitian dan pengembangan, e-book multimedia, layak dan efektif

Copyrights © 2017