JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

ASESMEN KETERAMPILAN PENGASUHAN ORANGTUA UNTUK MEMBANTU PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

Luluk Asmawati (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan pengasuhan orangtua untuk membantu perkembangan sosial anak usia dini 4-5 tahun. Metode penelitian ini adalah kualitatif naturalistik. Temuan-temuan penellitian ini adalah: (1) asesmen diperlukan untuk membantu orangtua mengetahui dan melakukan intervensi kemajuan perkembangan anak usia dini 4-5 tahun. Keterampilan pengasuhan yang sudah optimal pada kriteria Konsisten, tetapi 1 intrumen membangun rasa percaya diri anak masih Cukup sehingga sangat berdampak pada. perkembangan sosial anak pada kriteria Cukup. Jadi percaya diri menjadi variable yang sangat penting pada perkembangan anak; (2) solusi hasil asesmen bahwa orangtua harus mampu menciptakan suasana dan variasi kegiatan yang dapat menstimulasi perkembangan sosial anak usia dini 4-5 tahun. Berdasarkan temuan-temuan penelitian sebaiknya orangtua menciptakan permainan atau aktivitas untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak usia dini yaitu permainan harus bertolok pada tema misalnya tema binatang dengan jenis permainan: (1) picture and picture, (2) stik emosi binatang, (3) bermain warna-warna binatang dengan bernyanyi, (4) bunyi berantai, (5) bermain harta karun, (6) bermain tangkap-tangkap, (7) bermain gambar bertanya, (8) bermain binatang abjad, (9) bermain dokter hewan, dan (10) petugas pembersih kandang binatang. Kata kunci: asesmen, keterampilan pengasuhan orangtua, perkembangan sosial, anak usia 4-5 tahun.

Copyrights © 2017