JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN KEDALEMAN IV

Nurdiana Siti Alifa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Syadeli Hanafi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Lukman Nulhakim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini berfokus pada media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman pada materi gaya dan gerak benda pada kelas IV SD. Prosedur pengembangan media video pembelajaran menggunakan model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil keseluruhan 87% dengan kriteria media sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh hasil keseluruhan 94,3% kriteria media valid dan sesuai dengan materi serta sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji coba berdasarkan respon pada siswa kelas IV di SDN Kedaleman IV memperoleh 97%. Hasil observasi peneliti pada pembelajaran sebelumnya yang diperoleh berdasarkan penelelitian dari berbagai sekolah memperoleh nilai rata-rata 71,5% dengan kriteria cukup baik hal ini dikarenakan pembelajaran secara daring dilakukan oleh guru tanpa menggunakan media hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga minat belajar siswa terlihat menurun selama pembelajaran. Hasil perolehan nilai post test setelah menggunakan media diperoleh sebesar 90,6% kriteria dari capaian siswa setelah menggunakan media tergolong tinggi. Kata Kunci : Video Pembelajaran Animasi, Kinemaster, dan Pemahaman IPA

Copyrights © 2021