JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENJADI TUTOR SEBAYA

Neneng Nuraeni (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sholeh Hidayat (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :(1) pengaruh perbedaan penggunaan metode bermain peran dan metode pembelajaran STAD dalam pembelajaran materi TRIAD KRR ( seksualitas, NAPZA, HIV dan AIDS ) untuk meningkatkan kemampuan menjadi tutor sebaya (2) pengaruh  perbedaan konsep diri anggota kelompok PIK-Remaja dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dan metode STAD terhadap kemampuan menjadi tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain treatmen by level 2x2. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang merupakan siswa kelas XI  yang diambil secara purposive sampling.  Analisa hipotesis menggunakan ANOVA dua jalur yang diketahui bahwa (1) Adanya perbedaan kemampuan menjadi tutor sebaya antara siswa yang belajar dengan metode bermain peran dengan siswa yang menggunakan metode STAD ( A1dan A2), dilihat dari  nilai Fhitung = 13.017, sedangkan nilai Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 4,11 dan taraf signifikansi α = 0,01 adalah 7,40. Jadi nilai Fhitung > Ftabel dengan demikian berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor kemampuan menjadi tutor sebaya siswa yang diberikan pembelajaran bermain peran dengan pembelajaran kooperatif STAD.(2) Adanya pengaruh perbedaan konsep diri terhadap kemampuan menjadi tutor sebaya (B1B2)dilihat dari nilai Fhitung = 7.4081, sedangkan nilai Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 4,11. Jadi nilai Fhitung > Ftabel. Kata kunci: Metode Bermain Peran, Konsep Diri, Kemampuan Menjadi Tutor Sebaya

Copyrights © 2014