JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KREATIVITAS DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Samudi Samudi (SDN. Cerukcuk 2 Kecamatan Tanara Kabupaten Serang)
Asnawi Syarbini (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2014

Abstract

Tujuan dari penelitian iniuntuk meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa serta sesuai dengan tujuan pembelajaran yakni siswa mampu memahami konsep alat indera dan fungsinya denganmenggunakanmodel pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dankreativitas.Untuk mencapai tujuan diatas, maka peneliti melaksanakan penelitian dengan jenis kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes serta catatan dilapangan, serta menggunakan tiga siklus yang diantarannya siklus I, siklus II, dan siklus III.Hasil penelitian menunjukan, bahwa peningkatan hasil belajar siswa dalam konsep alat indera manusia pada pembelajaran IPA dari siklus I, 59,19; siklus II, 70,04; siklus III, 85,21. Atau mengalami peningkatan prosentase siklus I ke siklus II (18,33%), dan siklus II ke siklus III (21,65%) dan nilai rata-rata kreativitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dankreativitas pada tahap siklus I ke siklus II (23,86%); sedangakan siklus II ke siklus III (56,02%). Kata kunci: Hasil Belajar, Kreativitas, Problem Based Learning (PBL)

Copyrights © 2014