JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMK

Namiroh Namiroh (SMK Negeri 1 Kota Serang)
Sudadio Sudadio (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Luluk Asmawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) perbedaan hasil belajar produk kreatif kewirausahaan antara model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Serang; 2) perbedaan hasil belajar produk kreatif kewirausahaan  antara siswa  yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Serang; 3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan kreativitas terhadap hasil belajar produk kreatif kewirausahaan pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Serang 4) perbedaan hasil belajar produk kreatif kewirausahaan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek kreativitas tinggi dengan hasil belajar produk kreatif kewirausahaan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan memiliki kreativitas tinggi pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Serang; 5) perbedaan hasil belajar produk kreatif kewirausahaan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek kreativitas rendah dengan hasil belajar produk kreatif kewirausahaan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan memiliki kreativitas rendah pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Serang;. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi berjumlah 76 peserta didik sampel ditetapkan 44 peserta didik. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Serang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat perbedaan hasil belajar produk kreatif kewirausahaan  antara siswa  yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Serang ditunjukkan perbedaan signifikan  Fhitung  lebih besar dari Ftabel sebesar (79,592>3,23), 2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar produk kreatif kewirausahaan antara siswa yang memiliki kreativitas   tinggi dan siswa yang memiliki kreativitas  rendah Bagi Siswa ditunjukkan perbedaan signifikan   Fhitung  lebih besar dari Ftabel sebesar (254,519>3,23), 3) terdapat pengaruh  interaksi  signifikan  antara model pembelajaran  berbasis proyek dan kreativitas  terhadap  hasil belajar produk kreatif kewirausahaan Siswa ditunjukkan interaksi signifikan  yaitu nilai  Fhitung  lebih besar dari Ftabel  sebesar (19,898>3,23) 4) terdapat perbedaan  signifikan hasil belajar produk kreatif kewirausahaan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek kreativitas tinggi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional kreativitas tinggi, ditunjukkan perbedaan signifikan   Fhitung  lebih besar dari Ftabel sebesar (25,756>3,52). 5) terdapat perbedaan signifikan  hasil belajar produk kreatif kewirausahaan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek kreativitas rendah dengan hasil belajar produk kreatif kewirausahaan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional kreativitas rendah, ditunjukkan perbedaan signifikan   Fhitung  lebih besar dari Ftabel sebesar  (21,428>3,52).Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas, Hasil Belajar

Copyrights © 2019