Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah hubungan maupun tingkat kekuatan hubungan antara lingkungan kerja dan motivasi kerja dengan kinerja guru Sekolah Menengan Pertama (SMP) Negeri di Kota Tangerang. Dalam mencapai tujuan dan sasaran tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru guru SMP Negeri di Kota Tangerang dengan jumlah sampel guru sebanyak 163 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan; Dari hasil perhitungan ANOVA dan regresi linear diperoleh bahwa persamaan regresi Ŷ = 58,835 + 0,213X1 + 0,525X2 dengan koefisien regresi lingkungan kerja guru sebesar 0,213 menunjukkan bahwa setiap penambahan nilai lingkungan kerja guru sebesar 1 akan meningkatkan nilai kinerja guru sebesar 0,213. Sedangkan koefisien regresi motivasi kerja sebesar 0,525 menunjukkan bahwa setiap penambahan nilai motivasi kerja sebesar 1 akan meningkatkan nilai kinerja guru sebesar 0,525. Hasil uji hipotesis menunjukkan Sig = 0.000 < 0.05 dan Fhitung = 100.441 > Ftabel = 3,90, maka H0 ditolak yang berarti bahwa koefisien regresi ganda tersebut sangat signifikan. Dengan kata lain bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan variabel bebas lingkungan kerja guru (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama-sama dengan variabel terikat kinerja guru (Y).Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel lingkungan kerja guru dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru.Kata kunci : Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Guru.
Copyrights © 2020