JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

UJI VALIDITAS E-MODUL PRATIKUM BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR POKOK BAHASAN ASAM BASA

Wahyu Fatihah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Syadeli Hanafi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Lukman Nulhakim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

E-modul praktikum merupakan media sekaligus bahan ajar digital dengan memberikan kesempatan berlatih kepada peserta didik untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas belajar dari teori yang telah dipelajari sebelumnya.  Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan e-modul praktikum yang telah dibuat berdasarkan uji validitas. Metoda penelitian menggunakan R&D (Research and Development), dengan model ADDIE  (Analize,  Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji validitas dilakukan oleh ahli media dengan hasil 93 (sangat layak), dan ahli materi dengan hasil 95 (sangat layak). Hasil validitas rata-rata 94 (sangat layak). Setelah dilakukan revisi atas saran dan masukan para ahli, maka dihasilkan e-modul praktikum berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas belajar pokok bahasan Asam Basa bersifat interaktif sebanyak 71 lembar dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. 

Copyrights © 2023