Penelitian ini berfokus pada bagaimana transformasi digital saat ini mengubah kegiatan dakwah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi dakwah di era digital dalam meningkatkan pemahaman agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang merupakan jenis penelitian kepustakaan. Data dikumpulkan melalui media digital, buku, laporan penelitian, jurnal, dan literatur lainnya yang terkait dengan dakwah Islam untuk menunjukkan peluang dan tantangan. Keabsahan data diuji dengan teknik uji validitas internal dan eksternal, reliabilitas, dan objektivitas. Analisis data juga dilakukan dengan analisis model Miles dan Huberman yaitu reduksi, display dan memverifikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah di era digital ditetapkan dengan melihat dua hal yaitu peluang dan tantangan. Peluang dakwah di era digital adalah kemudahan mengakses berbagai informasi Islam oleh mad’u melalui media internet. Para mad’u dapat membentuk komunitas dakwah sehingga dapat meningkatkan popularitas para da’i. Sedangkan tantangannya adalah kemampuan para da’I dalam mengemas pesan melalui media internet harus bersaing dengan konten-konten lain yang menarik para mad’u. Selain itu otentitas kebenaran ajaran islam dan kepakaran orang yang menyampaikannnya menjadi tantangan karena kemudahan dalam mengakses informasi.
Copyrights © 2023