cover
Contact Name
Rizqi Wahyudi
Contact Email
rizqiwahyudi@iainlhokseumawe.ac.id
Phone
+6285260908358
Journal Mail Official
liwauldakwah@iainlhokseumawe.ac.id
Editorial Address
Jl. Medan-Banda Aceh Km. 275 No. 1 Alue Awe, Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Kode Pos: 24352 Telp. (0645) 47267 Fax. (0645) 40329
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam
ISSN : 20892896     EISSN : 28091523     DOI : https://doi.org/10.47766/liwauldakwah
Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam adalah jurnal akademik yang diterbitkan oleh Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah sejak tahun 2013. Jurnal Liwaul Dakwah menempatkan studi-studi Dakwah dan Masyarakat Islam dalam fokus utama sebagai kajian akademik serta mengundang pengamatan komprehensif dari studi multidisiplin. Jurnal ini, berfungsi sebagai media untuk studi pengembangan masyarakat Islam di Indonesia dan bagian lain dunia dalam konteks nasional dan global. Jurnal Liwaul Dakwah mengundang peneliti untuk melakukan kajian Dakwah dan Masyarakat Islam dengan studi interdisipliner dan ditinjau dari berbagai perspektif. Subjek mencakup studi tekstual (konsepsional) dan penelitian lapangan dengan objek kajian Dakwah dan Masyarakat Islam. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi media bagi Sarjana Indonesia dan Dunia untuk memperkaya pengetahuan dalam berbagai kajian. Liwaul Dakwah tidak henti berusaha menyajikan artikel-artikel ilmiah yang sangat berkualitas, meliputi peningkatan dalam hal format, gaya, dan kualitas akademik. Meskipun bahasa utama yang digunakan dalam jurnal ini adalah bahasa Indonesia, namun terbuka ruang seluas-luasnya untuk mempublikasikan artikel dalam bahasa Inggris. Liwaul Dakwah adalah jurnal yang mempublikasikan artikel ilmiah dengan prosedur peer-review yang adil, objektif dan selektif. Jurnal Liwaul Dakwah mempublikasikan penelitian dan studi yang berkaitan dengan kajian Dakwah dan Masyarakat Islam yang dikaji secara integratif dan interkonektif dengan berbagai dimensi dan pendekatan yang meliputi: Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Tafsir dan Ilmu-ilmu Al quran, Sastra dan Kebudayaan Islam dan Pengembangan masyarakat Islam berbasis literatur klasik Aceh, Nusantara dan peradaban dunia. Jurnal Liwaul Dakwah diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Liwaul Dakwah adalah jurnal yang berisi tulisan-tulisan yang merangkum hasil penelitian dan pemikiran konseptual. Publikasi ini tersedia dalam dua versi: cetak dan elektronik. Versi Cetak sudah dipublikasikan sejak tahun 2013, sementara versi online mulai dipublikasikan tahun 2020 dan dapat diakses secara terbuka dan gratis tanpa berlangganan.
Articles 50 Documents
POLITICAL COMMUNICATION DYNAMICS IN LEGISLATIVE ELECTION 2014 IN NORTH ACEH REGENCY Fauzi Fauzi; Marhamah Marhamah; Shafira Ulfa Rahmani
Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam Vol. 11 No. 1 (2021): Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam
Publisher : Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to describe the credibility of political communicators and political messages in the 2014 Legislative Election in North Aceh Regency. This study used descriptive qualitative method. Data collection techniques were carried out through interviews, observation and documentation. The results showed that the credibility of political communicators in the 2014 Legislative Election in North Aceh Regency was reflected in the public's trust in the capabilities of legislative candidates. The public's trust is based on the image of the legislative candidate who is a figure or figure who is already known and liked by the community. And political messages in the 2014 Legislative Election in North Aceh Regency were conveyed using mass media, both print media, electronic media, banners or billboards and online media. Political messages are verbal and nonverbal messages in the form of political information and advertisements.
PERAN PUSTAKAWAN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN IAIN LHOKSEUMAWE Nurjannah Nurjannah
Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam Vol. 11 No. 1 (2021): Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam
Publisher : Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Informasi perpustakaan mempunyai peran sangat penting dalam memberikan layanan informasi secara literal kepada masyarakat. Untuk menjalankan perannya tersebut, sebuah perpustakaan harus memiliki tenaga perpustakaan yang kita kenal dengan istilah pustakawan. Keberadaan perpustakaan tidak terlepas dari peran pustakawan yaitu sebagai penyelenggara kegiatan perpustakaan atau individu yang terlibat dalam kegiatan pelayanan dan memenuhi kebutuhan informasi pemustakanya, serta bertanggung jawab dalam pencapaian kualitas ilmu dan pengetahuan pemustaka. Pustakawan sebagai pelaksana dalam memberikan pelayanan yang dibutuhkan profesionalitas dalam memahami karena kebutuhan masing-masing pemustaka akan mempengaruhi pola perilaku mereka dalam memenuhi kebutuhan informasinya, akan tetapi juga harus memiliki kompetensi pada saat bekerja, contoh sederhananya seperti, mampu memikat hati pemustaka dalam melayani secara lemah lembut dalam berinteraksi, selalu memberikan solusi kepada pemustaka disaat pemustaka tidak menemukan apa yang dia perlukan di perpustakaan. Ha-hal seperti ini adalah tindakan kerja profesional yang sangat sederhana dan juga mempunyai implikasi terhadap keberhasilan suatu layanan. Pada Perpustakaan IAIN Lhokseumawe sudah sepatutnya seorang pustakawan dapat memberikan layanan prima kepada pemustaka dalam rangka pemenuhan akan informasi pemustaka, karena baik buruknya pelayanan, menentukan kemajuan sebuah perpustakaan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa pustakawan mempunyai peranan penting dalam semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan di dalam sebuah perpustakaan. Kegiatan- tersebut tidak lepas dari tujuan sebuah perpustakaan sebagai tempat untuk memperoleh informasi bagi masyarakat.
METODE DAKWAH BIL-LISAN IMUM GAMPONG DALAM PEMBINAAN ETIKA REMAJA (Studi di Desa Ulee Jalan Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe) Muhammad Aminullah; Muttaqien Muttaqien; Halimatussa`diah Halimatussa`diah; Fadhila Oktavira
Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam Vol. 11 No. 1 (2021): Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam
Publisher : Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study describes the role of imum gampong in carrying out the bil oral da'wah method in ethical development for adolescents. Considering that adolescence is a period of transition, the entry of foreign cultures is enough to influence the formation of adolescent character. If teenagers are not guided and directed, it is not impossible that teenagers will be dragged into bad culture and associations. This study needs to find out about the method of preaching the bil-lisan of Imum Gampong Ulee Jalan Banda Sakti District, Lhokseumawe City, the supporting and inhibiting factors of the billisan da'wah method, Imum Gampong Ulee Street, Banda Sakti District, Lhokseumawe City. The research method used is qualitative research, the nature of descriptive research and sociological research approach. Data collection techniques through observation, interviews and documentation techniques. Based on the results of the study, it can be found that the Da'wah bil-lisan method of Imum Gampong in fostering the ethics of teenagers in Ulee Jalan Village is carried out through routine recitations every Tuesday and Friday night which is provided with special recitation places, reprimands to teenagers who make mistakes and religious lectures that are held on Sundays. Islamic holidays. While the supporting factors for the Imum Gampong bil-lisan da'wah method in fostering adolescent ethics in Ulee Jalan Village are the availability of learning places for routine recitations and books that become learning references, support from all levels of society and awareness of each teenager. And the inhibiting factors are the availability of rudimentary reference books, lazy nature because they are busy with activities during the day and the less harmonious relationship between teenagers and teachers.
SOSIOLOGI MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF TUHA PEUT SEBAGAI FUNGSIONARIS GAMPONG DI KECAMATAN MEURAH MULIA Kamaruzzaman Kamaruzzaman
Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam Vol. 11 No. 1 (2021): Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam
Publisher : Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The title of this research is the traditional institution Tuha Peut as a village functionary in Meurah Mulia sub-district, this research is a field study (field research) using qualitative. the results of the study are as follows first, the function of the peut and the way the problem varies greatly according to the problems that exist in the community secondly, the function of Tuha Peut in the Meurah Mulia community is as the heart of the development of the Gampong community, where its existence can provide an inspiration, innovation, and mediation in educating the Gampong community.The progress of the withdrawal of the village greatly influenced the active Tuha Peut institution, Gampong Menasah Manyang, today many social activities have been carried out including.Election of Geuchik Gampong, Determination of people who are entitled to receive zakat and those who are entitled to give zakat, give warnings to guests, especially men who visit late at night at the homes of women who are not Muslim, Geuchik's performance controller, making gampong laws. Third, customary sanctions have not been implemented because Tuha Peut is less able to design customary qanuns to the maximum. Fourth, Tuha Peut has a very large role, in which its role as the Center of Share Idea in all dimensions or programs to be carried forward, both concerning development Irrigation and other social activities.
STUDI LIVING QUR’AN DALAM TRADISI PEMBACAAN SURAT AR-RUM AYAT 21 SEBELUM MELAKUKAN AKAD NIKAH DI KEC. COT GIREK, ACEH UTARA Zulia Rahmi Binti Yunus
Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam Vol. 11 No. 1 (2021): Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam
Publisher : Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

One form of applying the Qur’an in social life is reading one or several certain verses when performing a ritual. Such as reading the letter ar-Rum verse 21 which is usually done before the marriage contract in the district Cot Girek North Aceh. This study uses field research methods through observation and interviews with the aim of observing the phenomenon of the living al-Qur’an that occurs in society. This study came to the conclusion that the tradition of reading the letter ar-Rum verse 21 has long been carried out by the people of Cot Girek until now. Because they believe that reading the Letter ar-Rum verse 21 can bring blessing to the household and as a means of friendship for the two families of the bride and groom.
TEKNIK KOMUNIKASI ORGANISASI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN NASIONALISME SISWA Marzuki Hasan
Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam Vol. 11 No. 1 (2021): Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam
Publisher : Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan karakter bangsa siswa melalui penerapan supervisi akademik kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran oleh guru di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu Tahun 2021. Prosedur pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penilaian RPP dan observasi kegiatan pembelajaran yang memuat pengembangan nilai-nilai karakter Bangsa. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan Pada siklus I hasil observasi terhadap penilai RPP yang memuat pengembangan nilai-nilai karakter Bangsa diketahui masih memiliki kekurangan. Rata-rata persentase yang diperoleh adalah sebesar 73,18% dan berada pada kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan. Persentase rata-rata yang diperoleh sebesar 88,54% dan mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 15,36% serta mendapat kriteria baik. Hasil observasi terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran guru yang memuat pengembangan nilai-nilai karakter Bangsa pada siklus I berada pada kriteria cukup. Persentase rata-rata keselurahan yang diperoleh yaitu sebesar 69,17%. Sedangkan pada siklus II telah meningkat dengan persentase rata-rata yang diperoleh sebesar 88,75% dan berada pada kriteria baik. Mengalami peningkatan sebesar 19,58% dari siklus I. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan supervisi akademik kepala sekolah dapat mewujudkan karakter bangsa siswa melalui kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu tahun 2021.
PENGARUH NEW MEDIA HANDPHONE TERHADAP PENYAMPAIAN PESAN DAKWAH PADA MASYARAKAT KOTA LHOKSEUMAWE Muhammad Saleh
Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam Vol. 11 No. 1 (2021): Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam
Publisher : Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

New media mustahil ditolak, walau banyak konten negatif disajikan, media baru adalah; facebook, whatshapp, twiter, amail dan sms. aplikasi ini ditampung dalam alat yang bernama HP. Penulis mengkaji pengaruh handphone yang dianggap sebagai media baru terhadap penyampaian pesan religi saat ini begitu dahsyat, terutama melalui media dengan Short Message Service (SMS) nya. Tujuan penelitian pertama, mengetahui kemampuan new media dalam menstrukturkan perilaku agama masyarakat Kecamatan Banda Sakti Lhokseumawe dalam bentuk pesan agama; kedua, mengetahui fenomena pendelegasian wewenang pihak otoritas agama atas teknologi dalam konteks pesan agama melalui new media sms tauhid di Kecamatan Banda Sakti. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini dilakukan dengan (purposive sampling) yaitu orang yang dianggap dapat memberikan informasi terkait. Hasil menunjukkan new media melalui pesan agama yang diterima masyarakat Kecamatan Banda Sakti mampu membentuk perilaku mulia. Fenomena pendelegasian wewenang pihak otoritas agama atas teknologi dalam konteks pesan agama melalui SMS Tauhid di Kecamatan Banda Sakti memperlihatkan bahwa perpaduan agama dengan teknologi lebih banyak muncul dalam pemanfaatan new media untuk kepentingan agama yang memunculkan spekulasi bahwa teknologi new media merupakan “pelayan” yang patuh pada agama sebagai “tuan”. Lambat-laun, new media telah sejajar dengan agama sehingga keduanya lahir dalam bentuk hubungan negosiatif.
KONSTRUKSI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM AL-QURAN (TINJAUAN FUNGSI BKI BERBASIS QURANI) Adnan Adnan
Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam Vol. 11 No. 2 (2021): Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam
Publisher : Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Al-Quran merupakan sumber inspirasi, muatan nilai (values) dan ilmu (knowledge) dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Tulisan ini mengkaji secara mendalam (holistic) dan komprehensif (syamil) fungsi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) berbasis fungsi al-Quran. Bertujuan untuk lahirnya konstruksi BKI dalam perspektif al-Quran yang dapat dimanfaatkan dan diinternalisasikan (integrasi-interkoneksi) dalam layanan BKI baik secara praktis maupun teoretis. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif yang disajikan secara deskriptif-analitis. Sumber data dalam penelitian ini berupa primer, meliputi ayat-ayat al-Quran yang membahas fungsi al-Quran dan kitab tafsir, dan sekunder, meliputi dokumen yang terkait dengan tulisan berupa buku teks (text books) dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi al-Quran yang relevan sebagai fungsi BKI meliputi fungsi mauidhah (nasihat), syifa’ (penyembuh), hudan (petunjuk), rahmah (kasih sayang/ empati), bayyinah (penjelas), furqan (pembeda), busyra (menggembirakan), dan Litukhrijannasa minnaz zulamat ilan nur (mengeluarkan konseli dari kegelapan kepada cahaya). Kata kunci: Konstruksi, BKI
MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA Darmiati Hs
Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam Vol. 11 No. 2 (2021): Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam
Publisher : Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang paling tinggi tatarannya dan paling sulit penguasaannya. Hal ini disebabkan keterampilan menulis dapat dikuasai setelah siswa menguasai keterampilan berbahasa menyimak, berbicara dan membaca. Pada saat menulis, siswa diharapkan menggunakan beberapa kemampuan lain guna tercapai tulisan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi proposal dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu semester genap tahun pelajaran 2019/2020 selama 3 bulan dari bulan Januari s/d Maret tahun 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa, observasi aktivitas guru mengajar dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran CTL. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 93,33%, mengalami peningkatan sebesar 23,33%. Kemudian aktivitas guru mengajar pada siklus I rata-rata nilai keseluruhan adalah 2,75 berada pada kriteria cukup baik. Sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 1,32 menjadi 4,63 dan berada pada kriteria baik. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I berada pada kriteria cukup dengan rata-rata keseluruhan adalah 2,5 dengan persentase sebesar 62,5%. Sedangkan pada siklus II aktivitas siswa nilai rata-rata keseluruhan adalah 3,32 dan mengalami peningkatan sebesar 0,92 dari siklus I. Persentase yang diperoleh adalah 85,53% mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 23,03% dari siklus I dan berada pada kriteria baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi proposal di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu tahun pelajaran 2019/2020.
THE EFFECTIVENESS OF INFORMATION SERVICES USING REBT TECHNIQUES TO IMPROVE THE MENTAL HEALTH OF ADOLESCENTS Desy Murni Lasari
Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam Vol. 11 No. 2 (2021): Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam
Publisher : Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to describe and test: the mental health condition of students before being given treatment (pretest), mental health conditions of students after being given treatment (post test), the effectiveness of information services with REBT techniques to improve mental health. This research includes quantitative research with experimental methods. Samples were obtained as many as 30 students who were taken through purposive sampling technique. The instrument used is a Likert scale model. While the data analysis technique used is non-parametric statistics, namely Wilcoxon Signed Ranks Test and Kolmogorov Smirnov 2 Independent Samples. The results of this study indicate that there is mental health in the experimental group before and after receiving treatment with information services using the REBT technique. Mental health at the time of the pretest was in the very low category as many as 4 people with a percentage of 13%, 20 students in the low category with a percentage of 67%, 5 students in the high category with a percentage of 16.67%, and 1 student in the very high category with a percentage of 3.33%. After being given treatment there was a change that could be seen from the posttest results as many as 2 students were in the medium category with a percentage of 6.67%, 15 students were in the high category with a percentage of 50% and 13 students were in the very high category with a percentage of 43.33%. . It can be seen from the 30 members of the experimental group who were involved in the calculations, experienced an increase in scores from the pretest and posttest or experienced changes after being provided with information services using the REBT technique.