Economic and Education Journal (Ecoducation)
Vol 4 No 2 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)

Pengembangan Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Pratikum Peserta Didik

Erlyn Erlianti Setyani (Universitas Negeri Malang)
Imam Bukhori (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat mempengaruhi dunia kearsipan, yang mana kearsipan pada saat ini menggunakan E-Arsip. Electronic Archive merupakan sistem penyimpanan arsip yang digunakan dalam proses pembelajaran. E-Arsip mempermudah dalam pengelolaan arsip dokumen dan penemuan kembali dokumen sehingga mengurangi risiko kesalahan dalam pembelajaran. Riset berikut mempunyai tujuannya yakni guna (1) Menghasilkan Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web yang merupakan media belajar bagi materi kearsipan untuk peserta didik Kelas XII OTKP SMK Muhammadiyah 3 Singosari (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web dengan validasi oleh pakar materi serta pakar media (3) Mengetahui perbedaan keterampilan praktikum peserta didik diantara yang mempergunakan Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web dan peserta didik yang tidak mempergunakan Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web. Metode dari kegiatan meneliti berikut mempergunakan Research and Development melalui 9 langkah, yakni (1) Potensi serta Permasalahan, (2) Mengumpulkan Data, (3) Mendesain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk Kelompok Kecil, (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Produk Kelompok Besar, (9) Produk Akhir. Sedangkan data hasil uji coba pemakaian dilaksanakan analisisnya mempergunakan pengujian Independent Sample t Test. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu menciptakan Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web dengan hasil penilaian validasi dari validator ahli materi sebesar 98,81 % dan validator ahli media sebesar 97,71%. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil atas pengujian Independent Sample t Test yang menandakan ada perbedaan yang bersignifikan diantara rerata tingkat keterampilan praktikum peserta didik di kelas kontrol serta kelas eksperimennya. Rerata tingkat keterampilan praktikum kelas eksperimen sebesar 87, sementara rerata tingkat keterampilan praktikum kelas kontrolnya sebesar 74.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ecoducation

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Economic and Education Journal (Ecoducation): an open access journal to publish research results in the fields of economics and education. Managed and published by the Economic Education Study Program, Insan Budi Utomo University, with ISSN Numbers: P-ISSN 2684-9663 and E-ISSN 2656-5234. This ...