Economic and Education Journal (Ecoducation)
Vol 4 No 2 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)

Pengembangan M-Learning Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik

Lilik Nisaul Fauziah (Universitas Negeri Malang)
Imam Bukhori (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini kian maju dan menjangkau menuju seluruh aspek kehidupan termasuk di dunia pendidikan. Guru diharuskan untuk melahirkan karya-karya atau berinovasi dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Suatu media pembelajaran yang berkembang cepat yakni media berbasiskan teknologi, yaitu M-Learning Berbantuan Articulate Storyline. Media ini mampu mendukung pembelajaran di kelas dan membantu memberi peningkatan pemahamannya siswa kepada materi. Kegiatan meneliti ini mempunyai tujuan guna menghasilkan M-Learning Berbantuan Articulate Storyline yang merupakan media pembelajaran untuk peserta didik Kelas X MPLB SMK Muhammadiyah 3 Singosari, mengetahui kelayakan media belajar, dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi EDOMO. Metode pada kegiatan penelitian ini yakni Reseach and Development dengan model Borg and Gall. Data hasil validasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase. Sedangkan hasil uji coba pemakaian dianalisis menggunakan pengujian Independent Sample t Test. Penelitian ini menghasilkan M-Learning Berbantuan Articulate Storyline efektif digunakan pada proses pembelajaran. Hal tersebut bisa dilihat didasarkan atas hasil validasi pakar media, pakar materi, uji coba pada kelompok kecil yang meraih nilai dengan kategori sangat valid. Lebih lanjut hal ini juga dibuktikan melalui data hasil belajarnya siswa di kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrolnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ecoducation

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Economic and Education Journal (Ecoducation): an open access journal to publish research results in the fields of economics and education. Managed and published by the Economic Education Study Program, Insan Budi Utomo University, with ISSN Numbers: P-ISSN 2684-9663 and E-ISSN 2656-5234. This ...