Penelitian ini bertujuan penggunaan metode simulasi dalam upaya mempermudah pemahaman siswa kelas VI SDN 29 SP 1 SKPH Manis Rayaterhadap perumusan Pancasila sebagai dasar negara. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Sejauhmana pengaruh model pendekatan simulasi terhadap hasil belajar siswa Kelas VI SDN 29 SP 1 SKPH Manis Raya dalam mata pelajaran PKn? 1) Bagaimana cara menyusun simulasi dalam upaya mempermudah pemahaman siswa Kelas VI SDN 29 SP 1 SKPH Manis Raya terhadap perumusan Pancasila sebagai dasar Negara? 3) Apa saja manfaat dari simulasi dalam upaya mempermudah pemahaman siswa Kelas VI SDN 29 SP 1 SKPH Manis Raya terhadap perumusan Pancasila sebagai dasar negara? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpul data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah teknik non tes berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Pelaksanaan tindakan kelas diperoleh data bahwa minat siswa mengalami kenaikan setelah diadakan PTK pada siklus I persentase keaktifan siswa adalah 71% setelah diadakan PTK pada siklus II menjadi 74,88%. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran simulasi pada siklus I persentase keaktifan siswa adalah 71 % pada siklus II menjadi 79%. Kata Kunci: Metode Simulasi, Perumusan Pancasila.
Copyrights © 2016