cover
Contact Name
Fusnika
Contact Email
jurnalpekan@gmail.com
Phone
+6281312867627
Journal Mail Official
fusnika804@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pertamina Sengkuang Km. 4 Sintang, Kalimantan Barat 78614
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
ISSN : -     EISSN : 25408038     DOI : https://doi.org/10.31932
Core Subject : Education,
JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, STKIP Persada Khatulistwa. Terbit 2 kali setahun (April dan Nopember). E-ISSN: 2540-8038. Jurnal ini yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media cetak ataupun elektronik. Ruang lingkup bahasan meliputi: 1. Penelitian Tindak Kelas 2. Pendidikan Kewarganegaraan 3. Motivasi dan Prestasi Belajar 4. Belajar dan Pembelajaran 5. Hasil Belajar 6. Strategi/Metode/Model Pembelajaran 7. Media Pembelajaran 8. Pengembangan Bahan Ajar 9. Sosial Humaniora.
Articles 133 Documents
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NUSANTARA INDAH SINTANG Emilia Dewiwati Pelipa; Dessy Triana Relita; Wulandari Wulandari
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2024): JURNAL PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v9i1.3463

Abstract

 The purpose of this study was to describe the use of snakes and ladders learning media in improving student learning outcomes in social studies subjects in Class VIII of Nusantara Indah Sintang Junior High School in the 2023/2024 academic year. The method used in this research is qualitative research method. The subjects in this study were all students in class VIII of Nusantara Indah Junior High School Sintang in the 2023/2024 academic year, totalling 13 students, including 10 female students and 3 male students. The data collection techniques used were observation, interviews, documentation and test questions. Based on data analysis, the research results are as follows: (1) the application of snakes and ladders learning media is in accordance with the steps specified on the observation sheet. Judging from the results of teacher activity observations in cycle I was 90% and in cycle II was 100% with the assessment criteria for teacher activity observation results very well. (2) the improvement of students' learning outcomes can be seen from the test results, average scores, and classical completeness of each cycle. Where the average value of cycle I was 63.07 and the classical completeness was 53.84%, while the average value of cycle II was 88.46 and the classical completeness was 92.30%, meaning that snakes and ladders learning media can improve student learning outcomes. (3) Students' responses to the snakes and ladders learning media expressed positive responses based on statements on the students' interview sheets. It can be concluded that through snakes and ladders media can improve the learning outcomes of students in social studies class VIII SMP Nusantara Indah Sintang in the 2023/2024 academic year. Keywords: Learning Outcomes, Snakes and Ladders Learning Media 
PERWUJUDAN KEPEMIMPINAN PANCASILA OLEH GURU PKn UNTUK MEMBENTUK DISIPLIN SISWA SMA NEGERI 2 SINTANG Ananias Jeni
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 2, No 1 (2017): JURNAL PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v2i1.197

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan kepemimpinan Pancasila oleh guru PKn untuk membentuk disiplin siswa pada SMA Negeri 2 Sintang khususnya bagi kelas XII IPA 2 Tahun Pelajaran 2017/2018.Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perwujudan kepemimpinan pancasila oleh gurupendidikan kewarganegaraan (PKn) untuk membentuk disiplin siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 2 Sintang. Adapun masalah yang dihadapi guru adalah membentuk disiplin siswa dalam mewujudkan kepemimpinan pancasila. Adapun pemabahasan yang akan dikembangkan adalah perwujudan kepemimpinan Pancasila oleh guru PKn untuk membentuk disiplin siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas XII IPA 2 SMA Negeri 2 Sintang dengan mengunakan metode diskriptif untuk memecahkan masalah yang dihadapi siswa Kata Kunci: Perwujudan Kepemimpinan,  Pancasila, Guru PKn, Membentuk Disiplin
UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI SD NEGERI 02 NANGA JETAK KECAMATAN DEDAI KABUPATEN SINTANG Rosiana Rosiana
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 5, No 1 (2020): Jurnal PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v5i1.704

Abstract

Abstrak  Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mencari alternatif pemecahan masalah sebagai upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas melalui penerapan Reward and Punishment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian tindakan ini ialah pendekatan kualitatif. Kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, terdiri atas beberapa tahap, yaitu : (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 02 Nanga Jetak Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada 08 Oktober 2019 s.d. 30 Oktober 2019. Teknik pengumpulan data dari penelitian tindakan sekolah ini adalah melalui data kualitatif yang diperoleh dari observasi, pengamatan, maupun wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan sekolah ini antara lain adalah : (1) Skala Penilaian (2) Lembar Pengamatan (3) Angket. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa data kualitatif yang bersumber dari data primer maupun empiris. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru. Kata Kunci: Disiplin, Kehadiran Mengajar, Reward, Punishment 
IMPLEMENTASI PANCASILA PADA ERA DAN PASCA PANDEMI COVID-19 Ratna Tiara Sari; Dinie Aggraeni Dewi
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 6, No 2 (2021): JURNAL PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v6i2.1467

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang implementasi pendidikan Pancasila pada era dan pasca pandemi Covid-19. Fokus penelitian yaitu implementasi Pancasila. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui bentuk implementasi apa saja yang bisa diterapkan pada era pandemi maupun pasca pandemi Covud-19. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur. Sumber data dalam penelitian ini adalah jurnal, buku dan media. Dari penelitian ini maka didapatkan hasil yakni inilai-nilai Pancasila merupakan sumberinilaiidan sumber norma moral bagi penyelenggaraan kenegaraan danipelaksanaanihukumidi Indonesia, terutamaidalam masa pandemi Covid-19 iniidan memasuki kehidupan new normal. Dalam kondisi pandemi saatiiniinilai-nilai Pancasilaimemberikan penyadaranilebih terhadap spiritual, menumbuhkan nilai empati, tenggangirasaidanicinta bagi sesamaimanusia, menjadi perekatibagi persatuanibangsa Indonesia, menjadi penyejuk dalam kita bernegara dan bermasyarakat, dan memberikanikeadilanisosial serta kesejahteraan dalam berkehidupan bernegara.Kata kunci: Pancasila, Covid-19, Persatuan 
ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PERGESERAN NILAI DAN NORMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 SINTANG Suparno Suparno
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 1, No 2 (2016): JURNAL PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v1i2.188

Abstract

Penelitian ini berjudul analisis pemahaman siswa terhadap pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI IPS sekolah menengah atas negeri 4 sintang. Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemahaman siswa terhadap pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI IPS sekolah menengah atas negeri 4 sintang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikn pemahaman siswa terhadap pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI IPS sekolah menengah atas negeri 4 sintang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian studi kasus. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pemahaman siswa terhadap pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang belum memahami. (2) Faktor penyebab terjadinya pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal berupa kepribadian siswa yang masih labil dan faktor eksternal berupa arus informasi, baik dari televisi maupun internet. Kata Kunci: Pergeseran Nilai dan Norma.
WARISAN KEARIFAN LOKAL DALAM TRADISI NAIK JURONG PADA SUKU DAYAK MUALANG DIKABUPATEN SEKADAU Agnesia Hartini; Fusnika Fusnika
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 4, No 2 (2019): Jurnal PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v4i2.551

Abstract

Kearifan lokal dan warisan budaya yang berkembang di masyarakat pedesaan saat ini adalah merupakan hasil dari kebiasaan masyarakat setempat atau kebudayaan masyarakat sebagai bentuk adaptasi terhadap alam dan lingkungan tempat tinggalnya. Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi tentang upaya pelestarian warisan kearifan lokal dalam tradisi Naik Jurong pada suku dayak Mualang di Kabupaten Sekadau. Penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Ketua Adat, tokoh pemuda, dan masyarakat suku dayak Mualang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Wujud warisan kearifan lokal dalam tradisi Naik Jurong pada masyarakat suku Dayak Mualang merupakan sebuah upaya pelestarian  dan pemeliharaan budaya Naik Jurong yang sampai sekarang masih di lestarikan setiap tahun setelah panen berakhir.  Adapun  unsur yang terkandung dalam tradisi Naik Jurong adalah terdapat aspek religius merupakan wujud syukur berterima kasih  kepada Tuhan atas hasil panen yang diperoleh, aspek kehidupan kekeluargaan solidaritas serta pemersatu masyarakat suku dayak Mualang sampai sekarang. Kata kunci: Kearifan Lokal, Naik Jurong, Dayak Mualang  
PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA Muhamad Fikri Zulfikar; Dinie Anggraeni Dewi
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 6, No 1 (2021): JURNAL PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v6i1.1171

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan telah dimasukkan ke dalam kurikulum, dan pembelajaran dilaksanakan di pendidikan dasar pada semua jenjang.Fungsi dan peran pendidikan kewarganegaraan adalah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan itu sendiri adalah untuk menjadikan warganya warga negara yang baik, karena warga negara yang baik tidak dapat secara langsung mendukung pembangunan berkelanjutan di negara terkait. Metode penelitian ini mengadopsi studi literatur atau metode penelitian sastra, yang memuat teori-teori teoritis yang berkaitan dengan masalah penelitian, yang mengumpulkan data dengan mempelajari buku, dokumen, catatan dan laporan yang berkaitan dengan pemecahan masalah, dan diharapkan pendidikan di Indonesia akan memampukan peserta didik. dipersiapkan untuk menjadi warga negara. Mereka tegas dan konsisten dalam mempertahankan negara kesatuan NKRI, dan pembangunan ciri-ciri bangsa dijadikan sebagai penggerak utama pembangunan negara. Artinya, setiap upaya pembangunan harus selalu diarahkan pada aspek yang berdampak positif bagi pembangunan karakter.Kata kunci : Pendidikan, Pendidikan kewarganegaraan, karakter.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MORAL MELALUI IMTAQ OLEH GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 1 DEDAI Suparno Suparno; Juri Juri; Paulinus Paulinus
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 8, No 1 (2023): JURNAL PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v8i1.2363

Abstract

The faith and devotion of students is the goal of national education where school educational institutions are one of the most effective vehicles for achieving educational goals. However, the problem in the study of the implementation of moral education through faith and piety (imtaq) by teachers to shape the character of students at SMA Negeri 1 Dedai, the condition of moral behavior and personality of students is very concerned, this is indicated by the existence of cases such as students being late when the lesson starts, students do not pay attention to the teacher when delivering the material and there are many students who skip or run away during school hours. The purpose of the research is to describe the implementation of moral education through Imtaq by teachers to shape student character at SMA Negeri 1 Dedai. Researchers used qualitative methods, the subjects and objects of research were teachers of Islamic Religion, Catholic Religion and Islamic Religion Students and Catholic Religion Students. The data analysis technique used is a qualitative approach in this study, data collection techniques through observation, interviews (interviews), and documentation. The results showed that: (1) The purpose of the imtaq program at SMA Negeri 1 Dedai is to instill good character values in students, besides that it also familiarizes students so that students have faith and devotion to Allah SWT. (2) The implementation of the imtaq program in instilling student character at SMA Negeri 1 Dedai has been going well and with this imtaq program students have reflected good character. The conclusion is that the implementation of moral education through imtaq is very good for shaping student character. Keywords:Moral Education and Imtaq   
PERAN NILAI-NILAI RELIGIUS KERAJAAN SINTANG DALAM MEMBINA KARAKTER GENERASI MUDA Suparno Suparno,; Dasim Budimansyah
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 1, No 1 (2016): JURNAL PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v1i1.166

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembinaan karakter pada generasi muda. Dewasa ini banyak terjadi perilaku generasi muda di Sintang yang menyimpang dari norma yang berlaku. Perilaku negatif tersebut mencerminkan adanya karakter yang tidak baik dandpat amenjadikan warga negara yang baik tidak terwujud.Menanggapi permasalahan ini, kerajaan Sintang melakukan pembinaan karakter generasi muda sebagai upaya pendidikan dilingkungan masyarakat. Masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai religius dalam membina karakter generasi muda dan implementasinya. Desain penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek dalam penelitian adalah raja Sintang, Abdi dalem kerajaan Sintang, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Hasil penelitian diperolehbahwafilosofi dan latar belakang nilai religius yang saat ini berlaku mengadaptasi dari nilai yang diterapkan oleh Kerajaan Sintang pada zaman dahulu yang masih dilestarikan hingga sekarang; implementasi nilai religius sebagai bentuk pembangunan berkelanjutan generasi muda melaluikegiatan situs keagamaan dan seni tari bernafaskan Islam. Kata Kunci: Nilai-Nilai Religius, Peran Kerajaan Sintang, Pembinaan Karakter.
ANALISIS PEMBERIAN BANTUAN SOSIAL PROGRAM KELUARGA HARAPAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI KECAMATAN SEPAUK Suparno Suparno
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 3, No 2 (2018): JURNAL PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v3i2.258

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pemberian bantuan sosial Program Keluarga Harapan terhadap prestasi belajar anak di Kecamatan Sepauk. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pemberian bantuan sosial Program Keluarga Harapan terhadap prestasi belajar anak di Kecamatan Sepauk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan bentuk penelitiannya Studi Kasus.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dampak pemberian bantuan sosial Program Keluarga Harapan dapat dirasakan masyarakat, para penerima bantuan dapat menyekolahkan anak-anaknya dan mendapatkan pendidikan yang layak, 2)  Prestasi belajar anaknya meningkat dilihat dari prestasi yang diperoleh ditngkat lokal, nasional dan internasional, 3) respon masyarakat terhadap pelaksanaan Program Keluarga Harapan sangat positif karena bantuan ini dapat membantu Keluarga Sangat Miskin dalam menyekolahkan anak-anaknya. Kata Kunci: Program Keluarga Harapan, Prestasi Belajar

Page 1 of 14 | Total Record : 133