Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengendalian Internal Piutang dengan membandingkan fakta dengan teori COSO (Commite Of Sponsoring Organization). Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat mengetahui bagaimana system pengendalian internal piutang dan agar dapat meminimalkan piutang tak tertagih pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Majene. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dengan cara praktek langsung, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh peneliti dengan cara praktek langsung dan wawancara langsung dengan narasumber. Selanjutnya data sekunder berupa data-data yang telah terdokumentasikan di PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Majene seperti Profil Perusahaan, Data Tunggakan 2016-2019, dan Data Piutang Ragu-ragu 2016-2019. Hasil penellitian ini menunjukkan bahwa pengendalian piutang pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Majene untuk meminimalkan piutang tak tertagihnya belum efektif karena jumlah piutang yang masih dalam jumlah besar.
Copyrights © 2021