cover
Contact Name
Andi Patimbangi
Contact Email
andipatimbangi85@gmail.com
Phone
+6285239390445
Journal Mail Official
jurnal_akunsyah@iain-bone.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah
ISSN : 28284399     EISSN : 29618703     DOI : 10.30863
Core Subject : Economy,
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Akunsyah) is a peer-reviewed journal published by Department of Sharia Accounting, Faculty of Economics and Business, IAIN Bone twice a year (June and December). Akunsyah aims to publish articles in the field of accounting and finance that provide the significant contribution to the development of Sharia accounting practices and the Sharia accounting profession in Indonesia and in the world. Consistent with its purpose, Akunsyah provides insights in the field of accounting and finance for academics, practitioners, researchers, regulators, students, and other parties interested in the development of accounting practices and accounting profession. Akunsyah accepts manuscripts of either quantitative or qualitative research, written in either Indonesian or English. Akunsyah accepts manuscripts from Indonesian authors and also authors from various parts of the world.
Articles 35 Documents
PENGARUH FLUKTUASI HARGA TERHADAP DAYA BELI PEDAGANG SEMBAKO MUSLIM DI PASAR PALAKKA KAB. BONE Husna Hayati; Muh Arafah
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 3, No 2 (2023): Vol. 3 No. 2 Desember 2023
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v3i2.5487

Abstract

This research discusses the effect of price fluctuations on purchasing power, or the purchasing power of traders, this study aims to determine whether fluctuations can affect the purchasing power of traders, the population in this study was 100 people and samples were taken based on the slovin formula as many as 80 respondents, this research was an ex post facto research the type of research used was quantitative using data collection techniques in the form of questionnaires, while the data analysis technique used was descriptive statistical analysis. The results showed that partially the variable price fluctuations had a positive and significant effect on the purchasing power of Muslim groceries traders with the result t count 6.111 t table = 2.000, with a significance level of 0.000 0.05. The magnitude of the effect of price fluctuations on the purchasing power of Muslim basic food traders is 32.4%, while the rest is influenced by other factors not included in this study.
EFEKTIVITAS PENGUNGKAPAN FRAUD MELALUI AUDIT FORENSIK MUSRINI MUIS
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 2, No 2 (2022): Vol. 2 No. 2 Desember 2022
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v2i2.3096

Abstract

Praktik penyalahgunaan keuangan oleh pengelola (management) semakin marak terjadi pada perusahaan-perusahaan atau instansi pemerintah yang ada di Indonesia. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengevaluasi laporan keuangan pada sebuah entitas  yaitu dengan melakukan audit laporan keuangan. Namun melihat kondisi fraud yang cukup mengkhawatirkan, sehingga membutuhkan penanganan yang luar biasa. Karena tidak serta merta penanganan fraud dapat dilakukan oleh auditor laporan keuangan pada umumnya, sehingga diperlukan tim khusus forensik untuk membedah dan mengungkap kejanggalan-kejanggalan yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian kualitatif berlandaskan pada paham nonpositivisme dengan menekankan hasil penelitian pada makna. Audit forensik merupakan salah satu metode untuk mendeteksi suap yang efektif, cepat dan mudah karena dalam prosedurnya lebih fokus, terperinci dan lebih rigid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa audit forensik efektif dalam mendeteksi terjadinya fraud. 
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Fitriani Fitriani
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 2 (2021): Vol. 1 No. 2 Desember 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i2.3026

Abstract

Penelitian ini mengkaji Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu PT. Mayora Indah Tbk dan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk periode 2016-2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan Rasio likuiditas (Current Ratio) dan rasio Profitabilitas (ROA dan ROE). Jenis penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan mengunakan pendekatan deskriptif dan data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan jenis data sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis rasio keuangan. Berdasarkan hasil analisis rasio likuiditas (Current Ratio) dan Rasio profitabilitas (Return on Equity/ROE dan Return on Asset/ROA) selama lima tahun yaitu dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2020, bahwa perusahaan yang lebih likuid dan menguntungkan yaitu PT. Mayora Indah Tbk. Artinya PT. Mayora Indah Tbk lebih likuid dalam memenuhi kebutuhan jangka pendek atau operasional perusahaan serta mampu memberikan laba/keuntungan bagi perusahaan yang menggambarkan keberhasilan kinerja perusahaan. 
ANALISIS PENYAJIAN DAN PENGUNGKAPAN DANA NON HALAL PADA BAZNAS KABUPATEN BONE RESTI YUSNI
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 4, No 1 (2024): Vol. 4 No. 1 Juni 2024
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v4i1.5549

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyajian dan pengungkapan dana non halal di Baznas Kabupaten Bone. Penelitian ini bersifat deskriftif Kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di kantor Badan Amil Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Sumber data yang diambil adalah data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan beberapa tahapan meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, penyajian dan pengungkapan dana non halal pada Baznas Kabupaten Bone telah sesuai dengan PSAK 109. Baznas Kabupaten Bone perlu menjaga prinsip bahwa penerimaan non halal pada umumnya terjadi dalam kondisi darurat atau kondisi yang tidak diinginkan oleh entitas syariah karena secara prinsip dilarang sehingga penyaluran atau penggunaan dana non halal harus mengikuti aturan yang ada. Penerimaan non halal yang berasal dari penerimaan bunga bank, jasa giro (bank konvensional), dan atau dana non syariah lainnya yang harus benar-benar dipisahkan dari dana zakat, dana infak/sedekah dan dana amil. Penggunaan dana non halal perlu dipisahkan dari pengeluaran beban operasional Baznas Kabupaten Bone dan harus disalurkan untuk kegiatan membantu pembangunan fasilitas umum. Dalam penyajian dan pengungkapan dana non halal pada Baznas Kabupaten Bone diharapkan tetap transparan dan akuntabel, sehingga akan menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Baznas Kabupaten Bone sebagai lembaga pengelola zakat. Kata Kunci : Penyajian, Pengungkapan, Dana Non Halal, PSAK No. 109.
PENGARUH PENGETAHUAN, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA DI BANK SYARIAH Al Aswad; Andi Patimbangi
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Juni 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i1.2987

Abstract

Artikel ini membahas mengenai pengaruh pengetahuan, produk dan promosi terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah. Minat menabung mahasiswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pengetahuan, produk dan promosi. Pengetahuan merupakan semua informasi yang dimiliki oleh konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen. Produk adalah sebagai segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan, atau dikonsumsi dan yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan. Serta promosi adalah sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabah. Sejauh ini belum ada yang meneliti ketiga variabel tersebut dan belum ada yang menjadikan mahasiswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik ini digunakan untuk mendeskripsikan objek atau hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah dengan hasil 0,047 0,05. Variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah dengan hasil 0,038 0,05. Variabel Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah dengan hasil 0,008 0,05. 
Penerapan Akuntansi Zakat (PSAK No. 109) pada Wakaf Infaq Sadaqah (Studi pada Wakaf Infaq dan Sedekah (WIZ) Kabupaten Bone sari utami; Septia Ismail
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 3, No 1 (2023): Vol. 3 No. 1 Juni 2023
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v3i1.4792

Abstract

Currently, an Islamic-based economy has become a necessity for the people. The economic empowerment of the ummah is increasingly being carried out by several Islamic financial institutions. They are trying so that the Islamic economy is not only an alternative for Muslims, but indeed it must be the only option for them. This is to prevent the ummah from all kinds of ribāwi financial practices carried out by conventional banks. In addition, the utilization of zakat, donations/alms originating from Muslims must be managed as early as possible by professional zakat management institutions so that they can be distributed effectively and on target as part of an effort to empower the people's economy.       This research belongs to the scope of financial accounting research, because it discusses accounting treatment, measurement, recognition, reporting systems, and company policies. Based on the characteristics of the problem, this research is classified as descriptive research. The research approach used is a qualitative approach, namely a study that intends to understand the phenomenon of what is experienced by research subjects such as behavior, perceptions, motivations, actions and others in a holistic manner and by means of descriptions in the form of words and language, in a special natural context and by making use of various natural methods.       Zakat funds were obtained from muzakki who came directly to the amil zakat agency (WIZ) in Bone district and received a receipt as proof of receipt of zakat where the first sheet of the note was given to the muzakki and the second sheet was kept by the amil zakat agency. And the distribution of zakat funds is directly given directly to 8 asnaf who are entitled to receive and record the distribution of zakat funds. In the recording of the amil zakat agency (WIZ) in Bone district where it uses a double entry system when zakat funds are distributed it will reduce zakat funds. Zakat accounting treatment according to PSAK 109 has been implemented but not optimal. One of the reasons is that zakat amil bodies in general are from departments that are less basic regarding zakat accounting. The form or model for calculating zakat accounting at WIZ Bone district presents a report on financial position, a cash flow statement, and a report on changes in funds.             Keywords: Accounting, Reports, WIZ, Zakat.
Analisis Tingkat Kesenjangan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Dampaknya terhadap Daya Beli Masyarakat Muslim Nur Hana; A Ika Fahrika
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 2, No 1 (2022): Vol. 2 No. 1 Juni 2022
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v2i1.3063

Abstract

Research on Non-Cash Food Assistance (BPNT) from the aspect of equity, it turns out that no one has done it yet. Therefore, this thesis is here to discuss this matter, and herein lies the difference from the results of previous research on BPNT. In researching BPNT from the aspect of equity, a quantitative approach is used for the methodological aspects and Islamic economics for the scientific aspects. To realize these two approaches, an equity model is used in discussing the gap in Non-Cash Food Assistance (BPNT) in Cenrana District, Bone Regency. In proving this, two research questions are proposed, namely: (1) What is the level of inequality in Non-Cash Food Assistance (BPNT) that occurs in Cenrana District, Bone Regency? and (2) What is the impact on the purchasing power of Muslim communities in Cenrana District, Bone Regency. To answer the two research questions, statistical data obtained from each of the seven villages in Cenrana is needed, and also supported by documentation to strengthen the research results. The statistical data were analyzed using a quantitative approach through the Microsoft Excel application, and the results were interpreted using the theory of income distribution and sharia maqasid. The results show: (1) The BPNT gap that occurred in Cenrana District, Bone Regency from 2018-2020 is a moderate (normal) gap, where in 2018 the gap was at the point of 0.45789 then in 2019 the Gini ratio point showed 0.46709 and in 2020 it is at the point of 0.46293 and the Lorenz curve tends to experience an ideal distribution line. (2) The impact on the purchasing power of the Muslim community in Cenrana District, Bone Regency, is a decrease in purchasing power. Due to inequality in the distribution of non-cash food assistance (BPNT). 
PERAN KOMPETENSI AUDITOR TERHADAP HASIL AUDIT INVESTIGASI DALAM PEMBUKTIAN KECURANGAN Raodatul Jannah
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Juni 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i1.3020

Abstract

Fraud merupakan perbuatan melawan hukum dilakukan oleh orang-orang dalam atau dari luar organisasi, tujuannya adalah keuntungan pribadi atau kelompok baik langsung atau tidak dan bisa merugikan pihak lain. Tulisan ini membahas tentang sejauh mana pengaruh kompetensi Auditor, terhadap hasil audit investigatif pada kecurangan yang ada. Kompetensi auditor adalah kemampuan auditor untuk mengaplikasikan pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya dalam melakukan audit sehingga auditor dapat melakukan audit dengan teliti, cermat, intuitif, dan obyektif. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas audit adalah pendidikan, pengalaman, latar belakang dan sertifikasi (dari individu auditor investigasi), sedangkan dari proses auditnya adalah kompetensi, penerapan teknik audit, pengalaman, komposisi tim (supervisi, ketua tim, anggota dll), dan ada tidaknya kendali mutu.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN FITUR PRODUK BSI MOBILE TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI KAB. BONE Arwini Lusya Pusfita
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 3, No 2 (2023): Vol. 3 No. 2 Desember 2023
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v3i2.5488

Abstract

Penelitian in memiliki tujuani untuk mengevaluasi dampak kualitas layanan dan fitur produk BSI Mobile terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Bone. Penelitian ini menerapkan metode asosiatif kausal, yakni suatu pendekatan yang menyelidiki keterkaitan antar variabel serta menguji hipotesis yang telah dirancang. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapakan dari penyebaran kuesioner. Data primer merupakan data yang diperoleh langsung oleh peneliti dari sumbernya yang dikumpulkan lansung dari sumbernya oleh peneliti yang sifatnya up to date. Penelitian ini menyajikan gambaran Profil, Visi-Misi dan Produk Layanan KC Bank Syariah Indonesia Bone. Penelitian ini menerapkan beberapa uji statistik, seperti : “Uji validitas, Uji reliabilitas, Analisis deskriptip responden, Statistik deskriptip, Uji asumsi klasik, Uji multikolinieritas, Uji heteroskedastislitas, Analisisregresi linier berganda, Hasil pengujian hipotesis: Uji t dan Uji f serta yang terakhir yaitu Koefisien determinasi”. Penelitian kuantitatif merupakan metode utama penemelitian ini, dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden dari Kabupaten Bone, kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas layanan dan fitur produk BSI Mobile secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Bone
PENGARUH PERUBAHAN PENDAPATAN MASYARAKAT TERHADAP VOLUME PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI MIKRO ISLAM (STUDI PADA PENGUSAHA DI BTC WATAMPONE) masyhuri masyhuri; Saddan Husain; Nur Wahyuni
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 2, No 2 (2022): Vol. 2 No. 2 Desember 2022
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v2i2.3144

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh perubahan pendapatan masyarakat terhadap volume penjualan dalam perspektif ekonomi mikro Islam studi pada pengusaha di BTC Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) besarnya volume penjualan pengusaha di BTC Watampone pada tahun 2014, tahun 2015 dan tahun 2016, (2) besarnya tingkat kepekaan volume penjualan tahun 2015 dan tahun 2016 dari pengaruh perubahan pendapatan masyarakat dan (3) kepedulian masyarakat terhadap kandungan maṣlāḥah suatu barang dan jasa.Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan positivistik dan pendekatan ekonomi Islam dengan jumlah sampel 67 responden dari pihak konsumen dan 67 responden dari pihak pengusaha yang didukung dengan tekhnik pengamatan (observasi), tekhnik pertanyaan (questioner/angket), tekhnik wawancara dan tekhnik dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan rumus elastisitas untuk mengetahui besarnya tingkat kepekaan volume penjualan tahun 2015 dan tahun 2016.Hasil perhitungan dengan rumus elastisitas menunjukkan bahwa besarnya tingkat kepekaan volume penjualan tahun 2015 sebesar Ep1 = 0,723 yang berarti Ep1 1, maka Ep1 dikatakan Inelastis, sehingga dapat di deskripsikan bahwa tingkat kepekaan volume penjualan tahun 2015 tidak elastis, sementara besarnya tingkat kepekaan volume penjualan tahun 2016 yaitu Ep2 = 17,2 yang berarti Ep2 1, maka Ep2 dikatakan Elastis, sehingga dapat dideskripsikan bahwa tingkat kepekaan volume penjualan tahun 2016 elastis. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kenaikan tingkat pendapatan dari tahun 2014 ke tahun 2015 diikuti dengan kenaikan tingkat volume penjualan, sementara kenaikan tingkat pendapatan dari tahun 2015 ke tahun 2016 justru menurunkan tingkat volume penjualan.

Page 1 of 4 | Total Record : 35