Ulul Amri
Vol 2 No 3 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Model Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kinerja dan Kesejahteraan Guru (Studi Kasus di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat)

AR, Asnan Khomis (Unknown)
Yaqien, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

ABSTRAK Model manajemen sumber daya manusia merupakan suatu bentuk pengelolaan individu di dalam organisasi yang dilakukan secara sadar dalam mencapai tujuan. Penguasaan dalam mengelola sumber daya manusia sangat penting dalam perbaikan tingkat produktivitas dari setiap individu di sekolah. Pencapaian produktivitas diperlukan upaya dari pemegang kebijakan dan guru yang menjadi penentu kemana arah yang akan dicapai. Untuk itu peningkatan kinerja dan kesejahteraan guru menjadi perhatian khusus dalam pencapaian output (peserta didik) yang berkualitas yang menjadi produk dari sekolah. Karena guru yang paling dekat dan berhadapan langsung dengan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan model manajemen sumber daya manusia di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat, (2) mendeskripsikan pelaksanaan model manajemen sumber daya manusia di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat, (3) mendeskripsikan hasil pelaksanaan model manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan kinerja dan kesejahteraan guru di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model manajemen sumber daya manusia di SMP IT Darull Hikmah Pasaman Barat adalah menggunakan pendekatan soft model dan hard model yang dilakukan secara kontijensi, pelaksanaan model manajemen sumber daya manusia dilakucar melalui proses perencanaan, pengembangan, kompensasi dan penilaian kinerja/evaluai SDM, sedangkan hasil pelaksanaan model manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan kinerja dan kesejahteraan guru yaitu hasil penilaian kinerja guru sudah baik berdasarkan loyalitas, integritas dan kapasitas guru. Sedangkan Kesejahteraan guru sudah tercapai melalui gaji, tunjangan-tunjangan, penghargaan dan lingkungan kerja yang nyaman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

uajmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Ulul Amri:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, memberikan kesempatan kepada para mahasiswa, peneliti dan profesional di bidang pendidikan untuk mendiskusikan isu-isu paling aktual mengenai pengembangan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas manajemen pendidikan Islam. Demikian pula, mengatasi peran ...