cover
Contact Name
Prayudi Lestantyo
Contact Email
prayudilestantyo@uin-malang.ac.id
Phone
+6285234744044
Journal Mail Official
j-iems@uin-malang.ac.id
Editorial Address
Jalan Gajayana No. 50 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Ulul Amri
ISSN : 28301420     EISSN : 28301420     DOI : https://doi.org/10.18860
Core Subject : Education,
Ulul Amri:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, memberikan kesempatan kepada para mahasiswa, peneliti dan profesional di bidang pendidikan untuk mendiskusikan isu-isu paling aktual mengenai pengembangan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas manajemen pendidikan Islam. Demikian pula, mengatasi peran manajer pendidikan yang semakin kompleks, menawarkan banyak perspektif mengenai masalah-masalah umum dan menyediakan forum untuk berbagi ide, informasi, dan keahlian. Jurnal ini mengeksplorasi penelitian dalam bidang-bidang berikut: 1. Manajemen pendidikan Islam 2. Kepemimpinan pendidikan Islam 3. Inovasi pendidikan Islam 4. Manajemen strategis dalam pendidikan Islam 5. Transformasi digital dalam pendidikan Islam 6. Pengembangan sumber daya manusia dalam pendidikan Islam 7. Penjaminan mutu dalam pendidikan Islam
Articles 76 Documents
KONSEP SUPERVISI PENDIDIKAN SEBAGAI TINDAKAN MORAL Hindun Maisaroh
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2022): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v1i1.820

Abstract

ABSTRACT: Integrity can be seen from the level of honesty and moral quality possessed by someone who is done consistently every day. When someone emphasizes morals in every activity carried out, a maximum achievement will be obtained. By giving each other mutual understanding of the obligations and rights of supervisors and supervision, in this case moral action is needed in the supervision process. So that it is hoped that a responsible person and professionalism can be created in carrying out his duties and obligations without any supervision carried out by a supervisor. In this study, the author uses a qualitative descriptive approach, and the type of research used is library research. The results of the literature review are: a) The importance of moral action in this case will foster good reciprocal relationships, such as a school principal or supervisor in supervising teachers can reflect an attitude of mutual trust, openness and flexibility so that in the implementation of the supervision process between supervisors and those who supervised can speak on the basis of responsibility and can encourage each person to respect the integrity of others. b) the implementation procedure of the supervision activities takes three stages, namely preliminary meetings, observations of educators who are teaching, and feedback meetings. c) there are four aspects related to professional nature, namely those that can have an impact on increasing morale in schools, namely: commitment to practicing exemplary teaching, commitment to practicing teaching towards socially valuable end results.a commitment that is not only inherent in the individual but also the teaching practice itself, a commitment to an ethic of care. Abstrak: Integritas dapat dilihat dari tingkat kejujuran dan kualitas moral yang dimiliki oleh seseorang yang dilakukan secara konsisten setiap harinya. Ketika seseorang menekankan moral dalam setiap kegiatan yang dilakukan, maka akan didapatkan suatu capaian yang maksimal. Dengan saling memberikan sikap saling mengerti atas kewajiban dan hak dari supervisor dan supervise maka dalam hal ini tindakan moral sangat diperlukan di dalam proses supervisi. Sehingga diharapkan dapat tercipta pribadi yang bertanggung jawab serta profesionalitas dalam melaksanakan tugas dan kewajiban tanpa adanya pengawasan yang dilakukan oleh seorang supervisor. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research). Adapaun hasi telaah pustaka yaitu: a) pentingnya tindakan moral dalam hal ini akan menumbuhkan hubungan timbale balik yang baik, seperti pada seorang kepala sekolah ataupun pengawas dalam mensupervisi guru dapat mencerminkan sikap saling percaya, terbuka serta fleksibel sehingga dalam pelaksanaan proses supervisi antara supervisor dan yang dsupervisi dapat berbicara berbicara berdasarkan tanggung jawab yang dimiliki dan dapat mendorong masing-masing orang untuk menghargai integritas orang lain. b) prosedur pelaksanaan dari kegiatan supervise menempuh tiga tahapan, yaitu pertemuan pendahuluan, observasi pendidik yang sedang mengajar, dan pertemuan balikan. c) terdapat empat aspek yang berhubungan dengan sifat profesional yaitu dapat memberikan dampak peningkatan moral disekolah,komitmen untuk mempraktekkan pengajaran yang patut dicontoh, komitmen untuk mempraktekkan pengajaran menuju hasil akhir yang bernilai sosial, komitmen yang tidak hanya melekat dalam individu namun juga praktek pengajaran itu sendiri, serta komitmen untuk etika kepedulian.
STRATEGI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN LITERASI MAHASISWA Ravi Udin Amirullah
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2022): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v1i1.821

Abstract

ABSTRACT : One of the things that is an important pillar in the implementation of education in universities is the library. The better quality of a library, the higher positive impact in supporting higher education. The central library of UIN Malang has been accredited A. This library has also developed several electronic services in an effort to increase the effectiveness of providing literature. The purpose of this study is to describe and analyze the planning, implementation and impact of library strategies in increasing the effectiveness of providing literature through electronic services at the central library of UIN Malang. This research uses a qualitative approach, with the type of case study. Data collection techniques using observation, in-depth interviews, and documentation. The data analysis technique is through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study concluded that: (1) Planning strategies for increasing student literacy in the central library of UIN Malang was carried out through four things; namely forming a special team, analyzing all related matters through a SWOT analysis, drawing up a plan, based on 5W+1H questions, aligning planning with capabilities, asking for advice and then establishing a plan. (2) Regarding strategy implementation, there are also four activities, namely organizing and motivating, introducing electronic library services, repairing all problems in complaints, and evaluating electronic services. (3) There are two impacts of this electronic service, namely it can help all students in the development of their research and studies, and also this service has proven to be effective and efficient in improving student literacy. ABSTRAK: Salah satu hal yang menjadi pilar penting dalam penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi adalah perpustakaan. Semakin baik kualitas sebuah perpustakaan, tentu akan semakin tinggi juga dampak positif dalam menunjang pendidikan di perguruan tinggi. Perpustakaan pusat UIN Malang telah terakreditasi A. Perpustakaan ini juga telah mengembangkan beberapa layanan elektronik dalam upaya meningkatkan efektivitas penyediaan literatur. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis perencanaan, penerapan dan dampak dari strategi perpustakan dalam meningkatkan efektivitas penyediaan literatur melalui layanan elektronik di perpustakaan pusat UIN Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis data yakni melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan strategi peningkatan literasi mahasiswa di perpustakaan pusat UIN Malang dilakukan melalui empat hal; yakni membentuk tim khusus, menganalisis segala hal yang berhubungan melalui analisis SWOT, menyusun perencanaan, berdasarkan pertanyaan 5W + 1H, menyelaraskan perencanaan dengan kemampuan, meminta saran kemudian menetapkan perencanaan. (2) Terkait penerapan strateginya juga melalui empat kegiatan, yakni pengorganisasian dan pemotivasian, pengenalan layanan elektronik perpustakaan, memperbaiki seluruh masalah dalam pengaduan, dan melakukan evaluasi layanan elektronik. (3) Terdapat dua dampak dari layanan elektronik ini, yakni dapat membantu seluruh mahasiswa dalam perkembangan riset dan studi mereka, dan juga layanan ini terbukti berhasil secara efektif dan efisien dalam meningkatkan literasi mahasiswa.
MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA MADRASAH DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI MAN 3 MALANG Ilmiah Nafhah Karimah
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2022): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v1i1.822

Abstract

ABSTRACT: Image is the impression that people give to madrasah so that madrasah should constantly increase image by communicating well, either in the internal or external environment. The image had an impact on madrasah's existence, so it was a challenge for MAN 3 Malang to create a positive image in the face of growing problems and competition. A positive image is achieved by providing competent services, programs or graduates that can attract public attention to contribute to the madrasah. Research uses a descriptive qualitative approach with a type of case study in MAN 3 Malang with a data collection technique of observation, interview and documentation.The results of research on public-relations management in boostering the image of madrasah and participation of the MAN 3 Malang, include: (1) planning through several stages, beginning with the problem identification for program planning, budgeting and time and deliberating by concerned parties. Program planning is carried out with a three-period: period of short, medium and long-term. (2) implement by carrying out a previously planned and designated program using several strategies: socializing, publications, cooperation, service and excellence programs, and activities involve both externally and internally both the perpetrators act and direct act. (3) evaluations include small evaluations, big evaluations, and conditional evaluations of public-relation programs. Abstrak: Citra merupakan kesan yang diberikan masyarakat terhadap madrasah sehingga madrasah hendaknya terus menerus meningkatkan citra dengan mengkomunikasikan dengan baik dalam lingkungan internal atau lingkungan eksternal. Citra memberikan pengaruh terhadap eksistensi madrasah sehingga tantangan tersendiri bagi MAN 3 Malang untuk menciptakan citra positif di tengah permasalahan dan persaingan yang semakin kompleks. Citra positif di laksanakan dengan memberikan layanan, program ataupun lulusan yang berkompeten sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk ikut berkontribusi dengan madrasah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitaif deskripsif dengan jenis penelitian studi kasus di MAN 3 Malang dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dari manajemen humas dalam meningkatkan citra madrasah dan partisipasi masyarakat di MAN 3 Malang meliputi yaitu: (1) Perencanaan dengan melalui beberapa tahapan, mulai dari identifikasi masalah untuk perencanaan program, merencanaan anggran dan waktu dan musyawarah oleh pihak berkepentingan. Perencanaan program dilaksanakan dengan 3 jangka waktu yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. (2) Pelaksanaan dengan melaksanakan program yang sudah direncanakan sebelumnya dan ditentukan dengan menggunakan beberapa strategi yaitu: sosialisasi, publikasi, kerja sama, pelayanan dan program unggulan, dan kegiatan melibatkan eksternal maupun internal baik indirect act dan direct act. (3) Evaluasi dilakukan meliputi evaluasi kecil, evaluasi besar, dan evaluasi kondisional terhadap program humas.
MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENDUKUNG MUTU PENDIDIKAN DI MTS ROUDLOTUL ULUM KABUPATEN MALANG M. Husyem Hidayatus Syech
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 4 (2022): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v1i4.823

Abstract

ABSTRAK Pendidikan yang berkualitas akan mengalami kesulitan untuk mencapai harapan visi dan misi bila tidak diiringi dengan lengkapnya sarana dan prasarana yang memadai dalam proses di Sekolah, dikarenakan memang sarana dan prasarana sangat diperlukan untuk mendukung dan memperlancar proses pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif, untuk jenis penelitian sendiri menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: 1) Wawancara 2) Observasi 3) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana di MTs Roudlotul Ulum mulai dari 1) perencanaan yang terlaksana tapi masih belum berjalan maksimal, 2) pengadaan menyesuaikan kebutuhan yang paling penting, 3) penginventarisan yang masih belum ada secara pembukuan, 4) pemeliharaan yang lebih menitikberatkan kepada kesadaran bersama untuk saling menjaga apabila terdapat barang-barang yang perlu diperbaiki atau diperbarui, 5) penggunaan yang belum adanya pencatatan peminjaman sehingga memungkinkan peminjaman tanpa konfirmasi kepada pihak yang memiliki tanggung jawab di sarana dan prasarana, 6) penghapusan lebih kepada pembaharuan barang dan jasa apabila diketahui rusak. Problematika yang dihadapi yaitu 1) minimnya kelas yang digunakan murid dan guru dalam proses belajar dan mengajar. 2) belum memiliki pedoman atau pakem dalam melakukan evaluasi penilaiaan sarana dan prasarana, sehingga pengecekan dan pengadaan sarana dan prasarana kondisional sesuai kebutuhan. 3) pembiayaan yang digunakan melalui bantuan BOS (Bantuan Operasional Sekolah), dana Mandiri dari sekolah, dan juga bekerja sama dengan. 4) Yayasan. MTs Roudlotul Ulum terkendala belum adanya sumber dana yang pasti, dan 5) kurangnya lahan, sehingga dalam proses manajemen sarana dan prasarana untuk menggapai mutu pendidikan yang baik terhambat, atau belum bisa berjalan sebagaimana mestinya sesuai apa yang telah direncanakan di MTs Roudlotul Ulum. Kata-Kata Kunci: Manajemen sarana dan prasarana, Mutu Pendidikan
Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak dalam Mewujudkan Mutu Pembelajaran di Kota Batu Yaqien, Nurul; Haikal, Imam Fikri; Maulida, Rizky
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i3.824

Abstract

Dengan tujuan pemulihan pembelajaran tahun 2022 sampai tahun 2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengeluarkan kebijakan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Pandemi Covid-19 yang menyebabkan berbagai permasalahan dalam proses belajar-mengajar di lembaga pendidikan sehingga memberikan dampak yang cukup signifikan. Kurikulum 2013 sebelum adanya Covid-19 menjadi satu-satunya kurikulum yang diimplementasikan. Masa pandemi Covid-19 yang berawal dari tahun 2020-2021 menyebabkan Kemendikbud Ristek mengeluarkan kebijakan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Darurat. Masa pandemi pada tahun 2021-2022 Kemendikbud Ristek mengeluarkan kebijakan penggunaan Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan. Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan menjadi wasilah untuk memperbaiki dan pemulihan proses pembelajaran yang dikeluarkan pada tahun 2021. SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu merupakan sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perencanaan implementasi kurikulum bersifat Merdeka di SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 dalam mewujudkan mutu pembelajaran di kota Batu, (2) Implementasi kurikulum bersifat Merdeka di SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 dalam mewujudkan mutu pembelajaran di kota Batu, dan (3) Hasil implementasi dari kurikulum bersifat Merdeka di SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 dalam mewujudkan mutu pembelajaran di kota Batu. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumenn pengumpulan data adalah peneliti sendiri dengan mengamati secara langsung ke lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa reduksi data dan triangulasi baik sumber metode dan waktu. Hasil penelitian ini adalah, (1) Pada tahap perencanaan Kurikulum Merdeka, kedua sekolah sudah melaksakan sesuai dengan arahan yang diberikan saat pelatihan, yaitu Kurikulum Merdeka harus menerapkan perancangan kurikulum operasional pendidikan, (2) Implementasi Kurikulum Merdeka pada kedua sekolah berjalan dengan baik. Di SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 sudah menerapkan proyek penguatan profil pelajar pancasila dan menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan (3) Hasil implementasi dari Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 2 Batu adalah peserta didik lebih sigap dan aktif karena kegiatan proyek mengharuskan diterapkan secara berkelompok atau kerja tim. Adapun hasil implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadiyah 8 adalah guru lebih leluasa mengajar dalam hal memberikan materi ajar kepada peserta didik. Antara SMP Muhammadiyah 8 dan SMA Negeri 2 Batu dalam tahapan sekolah penggerak sudah masuk pada tahap 4. Pada tahap 4 ini memuat beberapa poin, seperti berpusat pada siswa, refleksi guru dan perbaikan pembelajaran terjadi, serta guru dan kepala sekolah melakukan pengimbasan. Ke dua lembaga tersebut sudah memusatkan segala kegiatan pendidikan kepada siswa serta guru sudah melakukan perbaikan dalam pembelajaran seperti melakukan penyesuaian pengajaran yang dilihat dari karakteristik siswa.
EVALUASI PENERAPAN APLIKASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) DALAM PENGOLAHAN DATA PENDIDIKAN ISLAM DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MALANG Anisah Rachmadani
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2022): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v1i1.837

Abstract

ABSTRACT: Information and communication technology that is developing rapidly is a sign of big changes, so it requires the right attitude to deal with it. Islamic educational institutions must also be able to adapt to the flow of technological developments. So that measurement or assessment is needed in order to determine the level of compatibility of the technology that is developing with the management of information systems in the Educational Institutions of the Ministry of Religion. The purpose of the study was to describe and critically analyze the description of the application of EMIS applications and the results of the application of EMIS applications at the Ministry of Religion of Malang Regency. The research was conducted at the Ministry of Religion of Malang Regency, section of Religious Education. This type of research is a qualitative research through a qualitative descriptive approach. With data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of this study are the implementation of the EMIS application is carried out well, starting from entering data, checking the correctness of the data, to the output of the output, as well as utilizing the EMIS output data. And the application of EMIS produces a difference that is better than before using EMIS, namely simplifying the management information system regarding Madrasah, providing valid and up-to-date data. However, experiencing difficulties on the network which is difficult for remote Madrasahs and maintance when many users are accessing it. Abstak: Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat adalah tanda perubahan besar, sehingga membutuhkan sikap yang tepat untuk menghadapinya. Lembaga Pendidikan islam juga harus mampu menyesuaikan arus perkembangan teknologi tersebut. Sehingga dibutuhkan pengukuran atau penilaian agar bisa mengetahui tingkat kesesuaian teknologi yang berkembang dengan manejemen sistem informasi yang ada di Lembaga Pendidikan Kementrian Agama. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menganilisi secara kritis tentang gambaran penerapan aplikasi EMIS dan hasil dari penerapan aplikasi EMIS di Kemenag Kabupaten Malang. Penelitian dilaksanakan di Kementrian Agama Kabupaten Malang seksi Pendidikan Agama. Jenis penelitian adalah penelitian yang bersifat kualitatif melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan aplikasi EMIS terlaksana dengan baik mulai dari memasukkan data, pengecekan kebenaran data, sampai keluaran output-nya, serta pemanfaatan data keluran EMISnya. Serta penerapan EMIS menghasilkan perbedaan yang lebih baik dari sebelum menggunakan EMIS yakni mempermudah sistem informasi manajemen mengenai Madarasah, memberikan data yang valid dan mutakhir. Akan tetapi, mengalami kendala di jaringan yang sulit untuk Madrasah terpencil dan maintance ketika banyaknya pengguna yangvmengakses.Kata Kunci: Evaluasi Penerapan EMIS, Pengolahan Data
PENGARUH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI AL-QUR’AN (PAUD-Q) KARANGPLOSO MALANG Lutfi Sambudi
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 4 (2022): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Human resource management has an effect in the effort to improve the school quality. This is because the human resource management is all activities related to the importance of educators and school education personnel as vital resources. When the management human resource management in a school have a good quality so will be affect for the education quality. The purpose this research to know: (1) The effect human resources management on the improving school quality at the institution early childhood education Al-Qur’an Karangploso Malang (2) How is the education quality at the institution early childhood education Al-Qur’an Karangploso Malang (3) Is an effect human resources management on the improving education quality at the institution early childhood education Al-Qur’an Karangploso Malang? This research used method quantitative approach with the type ex post facto. Data collection techniques used questionnaires and documentation, with a sample on 20 samples. The data got then analyzed with the coefficient determination and simple linear regression test, using the application SPSS 26.0 for windows. The results this research show on (1) Human resource management at the institution early childhood education Al-Qur’an Karangploso is high category (2) Education quality at the the institution early childhood education Al-Qur’an Karangploso is high category (3) Human resource management has an effect 8,1% on the school quality at the institution early childhood education Al-Qur’an Karangploso. In accordance with the results of hypothesis testing that Ho is accepted and Ha is rejected. In other words, there is no significant effect between the human resource management variable (X) on the education quality variable (Y).
MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP PLUS AL-KAUTSAR MALANG Mohammad Murod
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2022): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v1i1.849

Abstract

ABSTRACT : Along with the development of the era which is always advancing rapidly in the era of science and technology, education is required to further improve the quality of education. To achieve this in an educational institution, there are important components that influence the development of quality education, namely the management of educational facilities and infrastructure. This study aims to find answers from the focus of research on planning, implementing, and evaluating facilities and infrastructure, as well as the impact of improving the quality of education in the implementation of facilities and infrastructure management at SMP Plus Al-Kautsar Malang. In this study, the researcher uses qualitative research methods accompanied by a case study approach which has the aim of achieving the previously determined subject. Therefore, the researcher did it at the research location by looking directly at the condition of the object to be studied. In collecting data, the researcher used interview, observation and documentation techniques. To determine the validity of the data in this study, the researchers used data triangulation techniques, methods and sources. Data reduction, data presentation, and drawing conclusions are techniques in analyzing the data in this study. Abstrak: Seiring berkembangnya zaman yang senantiasa semakin maju dengan pesat di era ilmu pengetahuan maupun teknologi, pendidikan dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk mencapai hal tersebut pada suatu lembaga pendidikan terdapat komponen penting yang mempengaruhi untuk mengembangkan pendidikan yang berkualitas, yaitu manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan jawaban terkait perencanaan, pengimplementasian, dan evaluasi manajemen sarana dan prasarana, serta dampak dari peningkatan kualitas pendidikan dalam implementasi manajemen sarana dan prasarana di SMP Plus Al-Kautsar Malang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif disertai dengan pendekatan studi kasus yang memiliki tujuan mencapai perihal yang sebelumnya telah ditetapkan. Maka dari itu, peneliti melakukannya di lokasi penelitian dengan melihat secara langsung kondisi objek yang akan diteliti. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik triangulasi data, metode dan sumber. Reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan menjadi teknik dalam menganalisis data pada penelitian ini.
MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PEMBENTUKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO Vivi Anggraini
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 4 (2022): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v1i4.852

Abstract

ABSTRACK Student services are the most important thing. Through weII-On pIanned student management and its impIementation in accordance with the objectives, students wiII be abIe to further improve their grades, both achievements academic and non-academic. Because through students, educationaI institutions can advance schooI deveIopment through student achievement. But apart from students, educators aIso have an infIuence in promoting extracurricuIar activities. To reach this purpose, used quaIitative research approach by taking the object IsIamic Senior High SchooI StateBondowoso. CoIIecting data by interview, observation and documentation techniques. And the vaIidity data by data trianguIation techniques, methods and sources. WhiIe the data anaIysis technique is does by the steps of data coIIection, data reduction, presentation and drawing concIusions. The resuIts showed are: first. Student management pIanning in improving achievement academic incIudes: a) InteIIigence and potentiaI anaIysis program students; b) Student grouping program; c) Student Iearning motivation program; d) Student discipIinary program; MeanwhiIe, student management pIanning in improving achievement non-academic incIudes: a) AnaIysis non-academic activities according to students' taIents and interests; b) SociaIization non-academic activities to students; c) AnaIysis supporting faciIities needed in non-academic activities. Second, the impIementation of student management in improving academic achievement incIudes: a) AnaIysis of students' inteIIigence and potentiaI; b) Grouping of students/cIass division; c) Guidance and guidance on student motivation; d) Directing and fostering student discipIine. MeanwhiIe, the impIementation of student management in improving non-academic achievement incIudes: a) Organizing non-academic activities in accordance with students' taIents and interests; b) Encourage student participation in non-academic activities heId; c) Grouping students on seIected non-academic activities; d) Appointing teachers who guide non-academic activities according to their competencies; e) ScheduIing the impIementation of non-academic activities; f) ControIIing the discipIine of coaches and students. Third, evaIuation student management in improving academic achievement incIudes: a) written test and oraI; b) ActiveIy invoIve students in Madrasah Science Competitions (KSM). MeanwhiIe, the evaIuation of student management in improving achievement non-academic incIudes: a) ActiveIy invoIving students in AKSIOMA; b) Finding the cause whether or not the specified target is the next strategy. Keywords: Management, Student Affairs, Academic Achievement, Non-Academic Achievement ABSTRAK PeIayanan kesiswaan merupakan haI yang paIing penting. MeIaIui pengeIoIaan siswa yang terencana dengan baik dan peIaksanaannya sesuai dengan tujuan, siswa akan dapat Iebih pembentukan niIai-niIainya, baik itu prestasi akademik maupun non-akademik. Karena meIaIui siswa, Iembaga pendidikan dapat memajukan perkembangan sekoIah meIaIui prestasi siswa. Namun seIain siswa, pendidik juga memiIiki pengaruh daIam menggaIakkan kegiatan ekstrakurikuIer. PeneIitian ini menggunakan pendekatan kuaIitatif jenis studi kasus dengan mengambiI objek MAN Bondowoso. PengumpuIan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk Iebih mengetahui keabsahan data digunakan teknik trianguIasi data, metode dan sumber. Sedangkan teknik anaIisis data diIakukan dengan Iangkah-Iangkah pengumpuIan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpuIan. HasiI peneIitian menunjukkan bahwa: pertama. Perencanaan manajemen kesiswaan daIam pembentukan prestasi akademik meIiputi: a) Kajian intelek dan kemampuan siswa, b) Pengklasifikasian siswa/sesuai sistem, c) Bimbingan dan konseling semangat belajar siswa, d) Bimbingan dan reaktualisasi ketertiban siswa; Sedangkan perencanaan manajemen kesiswaan daIam pembentukan prestasi non-akademik meIiputi: a) Kajian langkah kegiatan ekstrakuIikuIer menurut talenta, kegemaran dan kemampuan siswa, b) Sosialisasi langkah kegiatan ekstrakuIikuIer yang diinformasikan pada siswa, c) Kajian media pendukung aktivitas ekstrakuIikuIer. Kedua, PeIaksanaan manajemen kesiswaan daIam pembentukan prestasi akademik meIiputi: a) Kajian intelek dan kemampuan siswa, b) Pengklasifikasian siswa/sesuai siste, c) Bimbingan dan konseling semangat belajar siswa, d) Bimbingan dan reaktualisasi ketertiban siswa. Sedangkan peIaksanaan manajemen kesiswaan daIam pembentukan prestasi non-akademik meIiputi: a) mengadakan aktivitas ekstrakuIikuIer yang sinkron dengan talenta, kegemaran dan kemampuan siswa, b) mengoptimalkan partisipasi siswa pada aktivitas ekstrakuIikuIer yang diadakan, c) mengklasifikasikan siswa pada aktivitas ekstrakuIikuIer yang diinginkan, d) menetapkan pembimbing aktivitas ekstrakuIikuIer yang professional, e) mengagendakan implementasi kegiatan ekstrakuIikuIer, f) menekan ketertiban pembimbing dan siswa. Ketiga, EvaIuasi manajemen kesiswaan daIam pembentukan prestasi akademik meIiputi: a) Tes tuIis dan tes Iisan; a) Tes tuIis dan tes Iisan; b) rutin berpartisipasi pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang diseIenggarakan oIeh Kemetereian Agama. Sedangkan evaIuasi manajemen kesiswaan daIam pembentukan prestasi non-akademik meIiputi: a) rutin berpartisipasi pada event AKSIOMA; b) evaIuasi faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakuIikuIer untuk meIakukan strategi seIanjutnya. Kata kunci: Manajemen, Kesiswaan, Prestasi Akademik, Prestasi Non-Akademik
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIMBINGAN KONSELING DAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN SEKS TERHADAP KARAKTER SISWA (STUDI KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 MALANG KELAS XII) Ayu Mifthahul Jannah Umsini Alida
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2022): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v1i3.855

Abstract

Guru bimbingan konseling memiliki tanggung jawab penuh dalam membimbing dan mengerahkan peserta didik di sekolah untuk mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri. Seorang guru bimbingan konseling memiliki posisi yang sangat penting dalam mengelola pembelajaran yang ada di kelas menciptakan lingkungan yang efektif dan efisien melaui kompetensi pedagogik. Melaui program klasikal bukti hasil dari perencanaan yang dilakukan sekolah dan dikelola oleh guru bimbingan konseling yang mana pendidikan seks diberikan guna mendidik peserta didik menjadi siswa yang berkarakter. Fokus penelitian ini adalah apakah kompetensi pedagogik guru BK dan pengelolaan pendidikan seks berpengaruh terhadap karakter peserta didik. Dengan melakukan analisis pengelolaan data memiliki tujuan untuk mencari pengaruh dari variabel bebas dengan variabel terikat. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap siswa kelas XII di SMKN 3 Malang. Dengan mengumpulkan data melalui wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Dalam teknik mengelola data dan menganalisis menggunakan perhitungan statistika melalui SPSS versi 25. Dengan populasi seluruh siswa kelas XII sebanyak 458 siswa. Dengan pengambilan rumus sampel Slovin sebesar 214 sampel siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan uji analisis regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pengaruh kompetensi pedagogik guru BK dan pengelolaan pendidikan seks terhadap karakter siswa sebesar 10,58% melalui uji R terkhusus karakter siswa religius, disiplin, menghargai sesama, dan tanggung jawab.Kata-Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik; Pendidikan Seks; Karakter Siswa