Suatu kinerja pegawai tata usaha madrasah sangat penting untuk keberlangsungan mutu madrasah dalam dunia pendidikan. Dalam standar nasional pendidikan di madrasah dapat dicapai dengan tenaga tata usaha madrasah yang memenuhi kualifikasi serta kemampuan yang telah tercantum dalam kebijakan. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hal ini bertujuan agar dapat mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi tata usaha (TU) dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di MIN 1 Malang. Pada aspek peningkatkan kualitas administrasi, kompetensi kepala tata usaha di MIN 1 Malang menunjukkan bahwa staf tata usaha MIN 1 Malang mempunyai kompetensi yang sangat terperinci. Peningkatan kinerja pegawai tata usaha MIN 1 Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi banyak diwujudkan dengan cara kegiatan sehari-hari di MIN 1 Malang. Kepala tata usaha dan pegawai tata usaha MIN 1 Malang selalu sigap melayani apabila ada wali murid, alumni, ataupun tamu yang mempunyai kepentingan di MIN 1 Malang. Adapun dapat disimpulkan kompetensi kinerja pegawai tata usaha di MIN 1 Malang yaitu kompetensi teknis, sedangkan kompetensi yang paling rendah adalah kompetensi sosial sebab guru dan pegawai tata usaha lainnya jarang memberikan motivasi dan saling terbuka. Kata Kunci: Tata Usaha, Kompetensi, Pelayanan, Administrasi.
Copyrights © 2023