Dalam kaitannya dengan dunia pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan dapat diposisikan sebagai bagian penunjang keberhasilan siswa yang disebut dengan prestasi belajar siswa. Maka dari itu, sarana dan prasarana merupakan hal yang perlu diperhatikan baik-baik yaitu dengan meningkatkan pemakaian dan juga dalam pengelolaannya supaya tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Memasuki era teknologi 4.0 peserta didik dituntut untuk mampu mengaplikasikan berbagai macam teknologi. Maka dari itu sekolah adalah tempat yang tepat bagi peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan mengenai berbagai macam teknologi dan cara pengaplikasiannya. Kompetensi dan prestasi siswa merupakan hal yang sangat diharapkan oleh siswa maupun guru dan orang tua. Diharapkan dengan prestasi yang baik, maka langkah kedepan dari peserta didik akan cemerlang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) perencanaan manajemen sarana dan prasarana berbasis ICT dalam meningkatkan kompetensi dan prestasi akademik siswa di SMAN Turen, 2) pengimplementasian manajemen sarana dan prasarana berbasis ICT dalam meningkatkan kompetensi dan prestasi akademik siswa di SMAN 1 Turen, 3) hasil peningkatan kompetensi dan prestasi akademik siswa melalui manajemen sarana dan prasarana berbasis ICT yang diterapkan di SMAN 1 Turen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaannya dengan membuat rencana anggaran dan kebutuhan sarana dan prasarana di SMAN 1 Turen, 2) beberapa pengimplementasian menggunakan aplikasi SIMBADA, 3) hasil berupa meningkatkan kompetensi dan prestasi akademik siswa di SMAN 1 Turen.
Copyrights © 2023