ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan mengenai perencanaan, penerapan, dan evaluasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dan brand image di MTs Negeri Berau. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan dianalisis menggunakan Reduksi Data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam hal pengecekaan keabsahan data, peneliti menggunakan 4 teknik yakni Kredibilitas, Transferabilitas, Dependabilitas), dan Konfirmabilitas. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa: 1) perencanaan strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meninkatkan kinerja guru dan brand image madrasah dengan merencanakan program-program yang mendukung pengembangan skill dan kinerja guru seperti BIMTEK, Diklat, seminar-seminar, dan penanaman nilai agama kepada guru-guru, kemudian menyiapkan bahan ajar dan perangkat pembelajaran. Untuk perencanaan brand image, kepala madrasah membentuk program-program seperti program kelas tahfidz, mengadakan ekstrakulikuler, melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti PHBI, mengadakan komite madrasah, dan membuat MoU dengan pihak luar madrasah. 2) penerapan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dan brand image dilakukan dengan menetapkan kebijakan-kebijakan untuk mendukung kinerja guru dan brand image madrasah. Terdapat bebrapa hambatan selama pelaksanaan strategi ini, misalnya terlalu banyaknya beban administrasi yang harus dipenuhi oleh guru, hambatan dari murid maupun orang tua. Tetapi hambatan tersebut masih dapat diatasi dan tidak menganggu pelaksanaan program-program madrasah. 3) evaluasi stategi kepala madrasah mengenai kinerja guru dilakukan melalui penilaian SKP, aplikasi SIEKA, serta penggunaan blanko supervisi internal madrasah. Dan untuk mengevaluasi ketercapaian startegi mengenai brand image, MTs Negeri Berau mengacu pada pemenuhan 8 standar pendidikan nasional dan ini erat kaitannya dengan akreditasi madrasah. Selain itu, ketercapaian program dapat dilihat melalui laporan pertanggung jawaban yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Kata-Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah; Kinerja guru; Brand Image
Copyrights © 2023