Ulul Amri
Vol 1 No 3 (2022): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

MANAJEMEN STRATEGI LEMBAGA BIMBINGAN MASUK GONTOR (BIMAGO) MAGETAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN

Ayatullah Ruhullah HPH (MPI UIN Malang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Lembaga Bimbingan Masuk Gontor (BIMAGO) Magetan merupakan lembaga yang bergerak pada bidang pendidikan non formal. Yang mana lembaga ini bertujuan untuk membantu calon pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya di Pondok Modern Darussalam Gontor. Karena banyaknya pesaing yang ingin mendaftarkan diri ke Pondok Modern Darussalam Gontor. Dengan ini diperlukan persiapan yang matang dari diri calon pelajar untuk mengikuti ujian masuk Pondok Modern Darussalam Gontor. Dengan adanya hal tersebut Lembaga Bimbingan Masuk Gontor (BIMAGO) Magetan perlu menyusun strategi yang tepat agar seluruh calon pelajar yang mengikuti bimbingan dapat menjadi santri Pondok Modern Darussalam Gontor. Dengan adanya strategi yang baik maka akan tercipta mutu pembelajaran yang baik. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan strategi Lembaga Bimbingan Masuk Gontor (BIMAGO) Magetan dalam meningkatkan mutu pembelajaran; 2) Implementasi strategi Lembaga Bimbingan Masuk Gontor (BIMAGO) Magetan dalam meningkatkan mutu pembelajaran; 3) Evaluasi strategi Lembaga Bimbingan Masuk Gontor (BIMAGO) Magetan dalam meningkatkan mutu pembelajaran; 4) Dampak strategi Lembaga Bimbingan Masuk Gontor (BIMAGO) Magetan dalam meningkatkan mutu pembelajaran Untuk memenuhi tujuan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti peran sebagai instrument penelitian dalam mengumpulkan data. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan informan yaitu kepala lembaga, bidang kurikulum dan pengajaran, tutor dan calon pelajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan yang ada di BIMAGO Magetan yaitu dengan melakukan analisis lingkungan eksternal yang berasal dari peluang dan ancaman, melakukan analisis lingkungan internal yang berasal dari kekuatan dan kelemahan yang ada di BIMAGO magetan, menentukan strategi dan program yang akan dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran; 2) Implementasi manajemen strategi Lembaga Bimbingan Masuk Gontor (BIMAGO) Magetan dalam meningkatkan mutu pembelajaran ini berjalan sesuai dengan program yang telah direncanakan dan disesuaikan dengan anggaran serta prosedur yang ada; 3) Evaluasi manajemen strategi dilaksanakan oleh pihak eksternal dan inernal, selain itu juga dilaksanakan bagi calon pelajar setiap bulan; 4) Dampak manajemen strategi yang ada di Lembaga Bimbingan Masuk Gontor (BIMAGO) Magetan disesuaikan dengan faktor keberhasilan mutu pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

uajmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Ulul Amri:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, memberikan kesempatan kepada para mahasiswa, peneliti dan profesional di bidang pendidikan untuk mendiskusikan isu-isu paling aktual mengenai pengembangan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas manajemen pendidikan Islam. Demikian pula, mengatasi peran ...