Ulul Amri
Vol 1 No 4 (2022): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

MANAJEMEN PESANTREN MAHASISWA DALAM PENGUATAN MODERASI BERAGAMA SANTRI (STUDI KASUS DI PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM MALANG)

Muhammad Kholil Amin (MPI UIN Malang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Radikalisme dan kekerasan yang mengatasnamakan agama telah masuk dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam ranah pendidikan. Untuk itulah pesantren sebagai pusat pendidikan Islam harus mengambil peran dalam upaya pengarusutamaan ide-ide dan sikap moderat dalam beragama yang sesuai dengan nilai luhur Islam yang rahmatan lil 'alamiin. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: bagaimana penguatan moderasi beragama bagi santri di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penanaman nilai-nilai moderasi beragama di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam dilakukan secara implisit dengan cara internalisasi nilai-nilai washatiyyah (tasamuh, tawassuth, tawazun, itidal, musawah dan syura) terhadap program pesantren, yang terbagi dalam tiga program utama yaitu: 1) Kepengasuhan, 2) Pengajaran (Dirosah), dan 3) Kesantrian. Bentuk manajemen yang digunakan Pesantren Mahasiswa Al-Hikam dalam penguatan moderasi beragama yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hal ini sesuai dengan hasil observasi peneliti terkait sikap para santri di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam telah mencerminkan dan mengamalkan nilai pendidikan Islam moderat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menghargai agama lain, menghargai pendapat orang lain, peduli terhadap lingkungan sekitar, tolong menolong dan lain sebagainya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

uajmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Ulul Amri:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, memberikan kesempatan kepada para mahasiswa, peneliti dan profesional di bidang pendidikan untuk mendiskusikan isu-isu paling aktual mengenai pengembangan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas manajemen pendidikan Islam. Demikian pula, mengatasi peran ...