Dalam dunia pendidikan salah satu sarana pendukung pendidikan adalah perpustakaan.Perpustakaan adalah penunjang pendidikan harus dikelola dengan baik dan juga maksimal untuk mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah. Manajemen inovasi pelayanan perpustakaan perlu diterapkan agar meningkatkan kepuasan serta literasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus deskriptif karena data dipaparkan dalam bentuk deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu: 1) observasi; 2) wawancara; dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data lalu penyajian data kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwapertama, manajemen inovasi pelayanan perpustakaan melalui penerapan aplikasi SLiMS(Senayan Library Management System) dalam meningkatkan kepuasan dan literasi siswa mampu meningkatkan kepuasan serta literasi siswa; kedua, inovasi yang dilakukan mampu membuat siswa tertarik dalam mengunjungi perpustakaan, kemudahan dan efektifitas penggunaan aplikasi SLiMS memudahkan setiap kegiatan siswa di perpustakaan, ketiga penggunaan aplikasi SLiMS memiliki banyak keunggulan serta pelayanan perpustakaan dapat dimodernisasi dari sistem konvensional ke sistem digital dengan berbagai kemudahan serta waktu yang relatif singkat.
Copyrights © 2023