Quranic Edu
Vol. 1 No. 1 (2021): QuranicEdu: Journal of Islamic Education

Pendidikan Agama Islam bagi Anak-Anak Buruh Gendong (Studi Kasus Buruh Gendong Perempuan di Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta dalam Membentuk Keluarga Sakinah)

Ali Mustaqim (Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2021

Abstract

Penelitian Pendidikan Agama Islam anak-anak buruh gendong di Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta ini bermaksud untuk Menelaah bagaimana buruh gendong mendidik anak-anaknya dalam hal Pendidikan Agama Islam dan konstribusinya.  Manfaat praktis penelitian ini adalah memberi pengetahuan, informasi dan masukan kepada pemangku kebijakan di pasar bahwa para buruh juga mempunyai anak-anak yang harus didampingi dalam dunia pendidikannya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan jenisnya adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di pasar Beringharjo Kota Yogyakarta. Adapun pengumpulan datanya adalah dengan mendatangi rumah beberapa buruh gendong. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data fenomenologi Moustakas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa upaya yang dilakukan para buruh gendong perempuan dalam hal mendidik anak-anaknya untuk menciptakan ketahanan keluarga yang sakinah dengan melalui empat aspek, yaitu aspek lahiriyah, aspek batiniyah, aspek spiritual, dan aspek sosial.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

QuranicEdu

Publisher

Subject

Religion Education

Description

QuranicEdu: Journal of Islamic Education (E-ISSN 2809-2481) is a national journal published by the Faculty of Tarbiyah Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) An Nur Yogyakarta, posted twice a year on February and August. The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education. We invite scholars, ...