Merpsy Journal
Vol 14, No 2 (2022)

Self Regulated Learning Sebagai Prediktor Kematangan Emosi Siswa Kelas VII di Masa Pandemi Covid-19

Samantha Daliilah Putri (Mercu Buana University)
Merly Erlina (Universitas Mercu Buana)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Siswa SMP termasuk dalam tahap remaja awal (13/14 tahun – 17 tahun) dimana pada fase ini individu mengalami perubahan sangat pesat , seperti emosi yang tidak seimbang, pencarian identitas diri, pemikiran semakin logis, abstrak dan idealistis. Dan hasil wawancara oleh guru BK siswa mengalami perubahan drastis seperti saat tatap muka anak- anak wajib hadir di kelas dengan menggunakan seragam sekolah yang telah ditentukan. Namun ketika melakukan pembelajaran daring masih ada anak yang di kasur, belum mandi, bahkan ada yang lagi di jalan. Maka hipotesis penelitian ini adanya pengaruh kematangan emosi terhadap self regulated learning di masa pandemi pada siswa kelas VII di SMP Permata Insani Islamic School. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Hasil nya ditemukan (1) ada pengaruh positif kematangan emosi terhadap self regulation learning dengan persamaan nilai regresi Y= 17,248 + 0,504. (2) Koefisien regresi X sebesar 0,504 artinya bahwa setiap peningkatan 1% kematangan emosi maka Self Regulation Learning pada siswa SMP Permata Insani akan meningkat sebesar 0,504. (3) nilai koefisien regresi sebesar 0,504 dan kematangan emosi menyumbang 33,3% terhadap self regulated learning, sisanya 66,7% dipengaruhi faktor lain.Kata kunci: Kematangan Emosi, Self Regulated Learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

merpsy

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Merpsy Journal is an open-access journal that publishes empirical research aimed at advancing our understanding of theoretical issues in the field of psychology with an approach model of biology, psychology, and social aspects that are interrelated and interact with each other to enable research ...