Merpsy Journal
Vol 16, No 1 (2024)

Penerapan Bimbingan dan Konseling dengan Teknik Psikodrama dalam Lingkup Pendidikan

Siti Nuraida Amanah (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Neng Silva (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Naeila Rifatil Muna (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan diiringi oleh beberapa faktor, seperti halnya permasalahan pembelajaran, rendahnya mutu pendidikan, dan rendahnya prestasi belajar siswa. Bimbingan konseling hadir sebagai salah satu sarana dalam meningkatkan kualitas peserta didik. Salah satu teknik dalam bimbingan dan konseling adalah psikodrama. Tujuan penelitian ini yakni untuk memahami peranan penerapan psikodrama dalam lingkup pendidikan sebagai upaya peningkatan kualitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Psikodrama merupakan suatu metode yang menggabungkan antara drama dan psikologi dalam membantu individu dalam mengembangkan potensi, serta memecahkan permasalahan sosial dan emosional. Psikodrama telah banyak diterapkan dalam dunia pendidikan. Adapun peranan psikodrama yakni meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik,  sarana peningkatan self disclosure (keterbukaan diri), membangun kemandirian belajar, membangun self concept (konsep diri), dan sebagai sarana pelatihan guru dalam meningkatkan pembelajaran yang kreatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

merpsy

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Merpsy Journal is an open-access journal that publishes empirical research aimed at advancing our understanding of theoretical issues in the field of psychology with an approach model of biology, psychology, and social aspects that are interrelated and interact with each other to enable research ...