Tujuan penelitian ini adalah memprediksi pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku cyberbullying pada siswa. Kecerdasan emosional yang dimiliki para siswa dinilai memiliki peran penting terhadap terjadinya perilaku cyberbullying, Cyberbullying adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif dengan jenis penelitian korelasional dan menggunakan teknik sampling jenuh. Sebanyak 177 siswa yang bersekolah di SMP X menjadi responden penelitian. Alat ukur yang digunakan untuk untuk mengukur perilaku cyberbullying adalah skala perilaku cyberbullying yang mengacu pada aspek-aspek perilaku cyberbullying Willard (2007) yang dikembangkan oleh Larasati dan Fitria (2016), dan alat ukur kecerdasan emosional adalah skala Goleman’s refinement model of emotional intelligence dari Goleman (2001) yang dikembangkan oleh Khaili (2011). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku cyberbullying, dimana kecerdasan emosional menurunkan perilaku cyberbullying. Disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki maka akan semakin rendah juga perilaku cyberbullying yang terjadi, dan begitupun sebaliknya.
Copyrights © 2023