Jurnal Tradisi Lisan Nusantara
Vol 1, No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2: Agustus 2021

NILAI BUDAYA DALAM CERITA RAKYAT LEGENDA DANAU POSO (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA) CULTURAL VALUES IN THE FOLKLORE LEGEND OF LAKE POSO (IN THE SOCIOLOGY OF LITERATURE)

Gladys Gisella Suade (Universitas Tadulako)
Ulinsa Ulinsa (Universitas Tadulako)
Nina Wati (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai budaya dalam cerita rakyat ‘Legenda Danau Poso” kajian sosiologi sastra. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai budaya yang terdapat dalam cerita rakyat “Legenda Danau Poso” kajian sosiologi sastra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data tertulis yang bersumber dari cerita rakyat “Legenda Danau Poso”. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik catat dan teknik baca. Berdasarkan hasil penelitian di temukan nilai budaya dalam cerita rakyat “Legenda Danau Poso” kajian sosiologi sastra yaitu: (1) Nilai budaya dalam hubungan manusia dengan Tuhan, (2) Nilai budaya dalam hubungan manusia dengan alam, (3) Nilai budaya dalam hubungan manusia masyarakat, (4) Nilai budaya dalam hubungan manusia dengan manusia lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tradisilisan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Nusantara Oral Tradition aims to publish high-quality researches and outstanding creative works combining the broad fields of literature and linguistics on the same intellectual platform. Article contains field study, case study, library research, and others. The article must be relevant ...