Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan dan keputusan seseorang berwakaf uang, yang hasilnya dapat dimanfaatkan untuk menyusun sasaran strategi penghimpunan dana wakaf uang. Pendekatan yang dipakai dengan cara mengidentifikasi faktor-faktor karakteristik masyarakat Indonesia. Target khusus yang ingin dicapai meliputi strategi pemasaran yang meliputi segmentasi calon wakif (orang yang berwakaf) sehingga ada skala prioritas penghimpunan dana wakaf uang yang mempertimbangkan perilaku dan karakteristik masyarakat baik yang bersifat geografis, demografis maupun psikografis. Metode yang digunakan kuantitatif dengan teknik probability sampling dalam menggumpulkan data. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah regresi logit dan uji beda koefisien kontigensi. Usia, pendidikan dan keaktifan dalam kajian keislaman merupakan faktor utama karakteristik individu yang mempengaruhi seseorang untuk berwakaf uang. Pendidikan yang semakin tinggi, usia yang semakin matang serta semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan untuk menuntut ilmu agama menghasilkan pemahaman yang semakin tinggi. Tingginya pemahaman terhadap wakaf uang dapat menjadi landasan untuk mendorong masyarakat berperan serta aktif dalam penghimpunan dana wakaf uang.
Copyrights © 2021