SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 1, No 1 (2021): Oktober

Pemanfaatan Media Sosial untuk Bisnis Online Bagi Kelompok Usaha Mikro

Vistarani Arini Tiwow (Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar, Kampus UNM Parangtambung Makassar, 90221, Indonesia)
Bunga Dara Amin (Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar, Kampus UNM Parangtambung Makassar, 90221, Indonesia)
S. Arini Sulistiawaty (Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar, Kampus UNM Parangtambung Makassar, 90221, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Mitra Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah Kelompok Usaha Mikro di Desa Sokkolia Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah pelaku usaha masih menggunakan strategi pemasaran secara konvensional dalam memasarkan produknya sehingga ruang lingkup pemasaran masih terbatas serta pelaku usaha minim pengetahuan dan keahlian dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran sehingga pelaku usaha masih bingung bagaimana cara melakukan pemasaran. Kegiatan yang dilaksanakan berupa sosialisasi dengan metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, serta evaluasi program. Hasil yang dicapai adalah pengetahuan mitra tentang pengenalan sosial media, strategi pemasaran online melalui media sosial dalam kegiatan usaha, dan tutorial akun facebook yang digunakan untuk bisnis online meningkat. Selain itu, pengetahuan mitra untuk memanfaatkan media sosialnya seperti facebook sebagai sarana pemasaran meningkat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

smart

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menerbitkan artikel kegiatan pengabdian pada masyarakat bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumberdaya manusia,dan teknologi tepat ...