cover
Contact Name
Aswi
Contact Email
aswi@unm.ac.id
Phone
+6285241426969
Journal Mail Official
aswi@unm.ac.id
Editorial Address
Menara FMIPA UNM, Kampus UNM Parangtambung. Jln. Mallengkeri Raya. Kecamatan Tamalate. Kota Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan. Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 28089812     DOI : https://doi.org/ 10.35580/smart
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menerbitkan artikel kegiatan pengabdian pada masyarakat bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumberdaya manusia,dan teknologi tepat guna
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 37 Documents
Penerapan Bahan Ajar Angka dan Huruf Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Maros Rusdianto Rusdianto; Andi Annisa Sulolipu; Andi Taskirah; Syamsinar Syamsinar; Agusalim Juhari
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v2i1.36817

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kalangan guru-guru Sekolah Dasar khususnya di kabupaten Maros adalah penggunaan angka dan huruf tingkat dasar yang masih kurang. Hal ini mengakibatkan bahan ajar yang dikembangkan oleh guruguru tersebut bisa dikatakan tidak layak untuk digunakan. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah; 1) memberikan motivasi kepada siswa agar tertarik untuk belajar materi dasar yakni angka dan huruf, 2) meningkatkan pengetahuan guru dalam menentukan jenis bahan ajar yang cocok untuk diterapkan, 3) memberikan motivasi kepada guru untuk meningkatkan keterampilan yang dapat membuat anak tertarik dengan materi yang disajikan. Kegiatan pengabdian di laksanakan di SMPN 10 Bantimurung, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros dengan melibatkan guru-guru SMP yang berada di sekitar sekolah tersebut. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah 1) menunjukkan semangat para guru untuk menanggapi materi penerapan bahan ajar untuk pengenalan huruf dan angka tingkat dasar, hal ini di tandai dengan adanya guru yang mengajukan pertanyaan, saran dan kritik, 2) Terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang konsep pengenalan angka dan huruf bagi guru-guru SMP, 3) Adanya respon positif dari para peserta yang ditandai dengan pengerjaan tugas mandiri.Kata Kunci: Bahan Ajar, Angka, Huruf, Guru-Guru SD. 
Program Rumah Cerdas Kesehatan sebagai Upaya Peningkatan Literasi Kesehatan Masyarakat Desa Mallongi-Longi Nurul Hidayah; Said Fachry Assagaf; Adib Roisilmi Abdullah; Muhammad Iqbal; Herman Herman
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2024): April
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v4i1.61519

Abstract

Literasi kesehatan adalah pemahaman dan penerapan informasi tentang perawatan kesehatan yang dibutuhkan dalam mengambil keputusan. Definisi ini menunjukkan bahwa peningkatan literasi kesehatan mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang keputusan sehari-hari yang berkaitan dengan Kesehatan. hasil observasi yang dilakukan oleh tim PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM, terdapat beberapa permasalahan yang diperoleh salah satunya yaitu kurangnya pengetahuan warga desa Mallongi Longi terkait kesehatan. Terkhusus anak-anak yang berusia 7 hingga 15 tahun. Warga Desa Mallongi Longi masih belum mengetahui dan kurang paham mengenai hal-hal dasar yang berkaitan dengan kesehatan, seperti cara mencuci tangan yang baik dan benar, cara menggosok gigi dengan benar, dan hal-hal yang berkaitan dengan Kesehatan lainnya. Begitupun masyarakat desa yang berusia 20 tahun keatas pun masih sangat minim pengetahuan mengenai Kesehatan sehingga tim PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM membuat salah satu program, yaitu “Program Rumah Cerdas Kesehatan” yang dimana terdapat 5 program utama yakni festival kesehatan, kelas kesehatan anak, edukasi kesehatan, fun day, dan poster kesehatan. Program ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat terkait dengan perluasan wawasan kesehatan. Kata Kunci: Rumah Cerdas, Literasi, Kesehatan, Masyarakat.
Peningkatan Kualitas Proposal melalui Pelatihan Sitasi menggunakan Aplikasi Mendeley pada Mahasiswa Pengusul Proposal PKM 2022 Kelas Parepare Prodi Pendidikan Matematika Sukarna Sukarna; Aswi Aswi; Nurhilaliyah Nurhilaliyah
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v2i1.32826

Abstract

Pelatihan ini diilhami oleh keluhan mahasiswa mengenai format penulisan daftar pustaka Harvard Style pedoman PKM 2022. Sebagai penulis pemula, mereka merasa membutuhkan penjelasan lebih detail, walaupun dalam panduan telah ada contoh penulisannya. Mereka masih membutuhkan metode yang lebih sederhana, mudah, efektif dan efisien dalam mensitasi terkhusus Harvard Style. Tujuan kegiatan ini adalah untuk (1) meningkatkan pengetahuan mahasiswa pengusul PKM 2022 dalam memanfaatkan aplikasi sitasi (Mendeley) dalam menuliskan sitasi dan daftar sitasinya; (2) meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya pemanfaatan aplikasi sitasi Mendeley; (3) meningkatkan wawasan, kemampuan, dan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan aplikasi yang lebih sederhana, mudah, lengkap, informatif dan inovatif dalam mendesain sitasi; dan (4) mengurangi jumlah mahasiswa yang membuat sitasi dan daftar sitasi manual. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah interaktif visualitatif melalui media online Zoom. Peserta yang terlibat sebanyak 20 orang yang sedang membutuhkan pendampingan dalam penyusunan Proposal PKM 2022. Hasil survey menunjukkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi peserta. Hal ini dibuktikan dengan informasi yang diberikan oleh mahasiswa melalui angket yang disebarkan. Berdasarkan hasil angket diperoleh bahwa pengetahuan dan keterampilan mahasiswa pengusul PKM 2022 dalam memanfaatkan aplikasi Mendeley meningkat; mahasiswa menyadari pentingnya metode praktis, mudah, efektif, dan efisien dalam membuat sitasi dan daftar sitasi
PKM Pemberantasan Buta Aksara Bagi Kelompok Ibu Rumah Tangga Berbasis Literasi di Paladang Desa Mallongi-Longi. Syafruddin Side; Sahlan Sidjara; Muh. Isbar Pratama; wahidah sanusi; Ahmad Yani
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v3i2.53937

Abstract

Berdasarkan data PKM tahun 2022s/d 2022 dan hasil observasi pada mitra yaitu kelompok IRT di dusun paladang, diketahuo bahwa tingkat pendidikan IRT di dusun paladang sebesar 80%  hanya tamat sekolah dasar saja, bahkan ada beberapa diantaranya yang tidak tamat SD. Hal ini berdampak pada anak-anak mereka yang beberapa diantaranya tidak melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi dan malas ke sekolah walaupun masih di tingkat Sekolah Dasar. Ketika melakukan wawancara terhadap beberapa orang IRT, mereka mengeluhkan sulitnya mendapatkan informasi melalui media sosial karena tidak bisa atau belum lancar membaca. Solusi yang dilakukan oleh tim PKM antara lain: (1) Mengajarkan baca tulis berbasis literasi dengan home scholling bagi IRT di dusun Paladang yang masih belum lancar dan belum mengetahui baca tulis. (2). Memberikan penyuluhan mengenai pentingnya pendidikan. (3). Mengadakan pembelajaran tambahan dalam rangka meningkatan kualitas pembelajaran di SD. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa 90% atau 9 dari 10 orang IRT di dusun Paladang Desa Mallongi-Longi, Kabupaten  Pinrang yang mengikuti kegiatan ini sudah dapat membaca, kemudian 100% atau 10 orang anak-anak di dusun Paladang Desa Mallongi-Longi, Kabupaten  Pinrang yang mengikuti kegiatan ini sudah dapat membaca.
Penerapan Inovasi dalam Desain Kemasan Produk Keripik Singkong Kelompok Usaha Mikro di Desa Sokkolia, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa Pariabti Palloan; U. Usman; Mutahharah Hasyim
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): Oktober
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v1i1.24435

Abstract

Tujuan dari diadakannya pelatihan penerapan desain kemasan produk keripik singkong adalah: (1) memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya teknologi dan penggunaan teknologi dalam kehidupan; (2) meningkatkan motivasi dan minat masyarakat dalam mengembangkan industry rumah tangga; dan (3). menghasilkan suatu produk desain kemasan kreatif dan inovatif yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil usaha produksi keripik singkong kelompok usaha mikro. Metode yang digunakan adalah observasi, penerapan inovasi dan kemasan produk , dan melakukan evaluasi hasil penerapan. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah (i) meningkatkan pemahaman mitra terkait penerapan desain produk kemasan dan (ii) desain kemasan produk keripik singkong . Simpulan yang diperoleh dari kegiatan ini adalah (i) pengetahuan mitra dalam mendesain produk kemasan produk keripik singkong meningkat dan (ii) motivasi mitra dalam menerapkan desain kemasan produk meningkat.
Pelatihan Akreditasi Jurnal di Lingkup FMIPA Universitas Negeri Makassar Aswi Aswi; Said Fachry Assagaf; Sitti Rahma Yunus; Diana Eka Pratiwi; Sulistiawaty Sulistiawaty; Andi Rahmat Saleh; Muhammad Fahmuddin; Muhammad Rais Abidin; Awi Awi
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2023): April
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v3i1.47117

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan workshop mengenai akreditasi jurnal ilmiah kepada para dosen di lingkup FMIPA UNM. Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahap yaitu observasi, penyampaian materi, diskusi, angket dan diakhiri dengan monitoring dan evaluasi program. Setelah mengikuti kegiatan workshop, diperoleh hasil bahwa seluruh peserta workshop telah mampu mengetahui syarat-syarat dalam melakukan akreditas jurnal, sekitar 95,2% peserta workshop sudah paham akan mekanisme pengajuan akreditasi jurnal, sekitar 95,3% peserta workshop telah mampu mengetahui tahapan-tahapan dalam melakukan pengajuan akreditasi jurnal, dan sekitar 95 % peserta sependapat bahwa materi sesi 1 sampai sesi 4 yang diberikan sesuai dengan kebutuhan peserta dan materi disampaikan secara sistematik dan jelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan workshop akreditasi jurnal ini terbilang sukses dilaksanakan dan seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dan memberikan apresiasi yang sangat positifKata Kunci: Pengabdian, Workshop, Akreditasi, Jurnal
PKM STEAM Kearifan Lokal Bagi Guru-Guru di Kabupaten Pangkep Asdar Asdar; Muhammad Abdy; Sahlan Sidjara
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v2i2.37372

Abstract

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilaksanakan kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan, Mitra dalam kegiatan PKM ini merupakan guru-guru pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika di Kabupaten Pangkep. Tujuan kegiatan ini adalah untuk: a) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam membuat rancangan pembelajaran STEAM kearifan lokal; b) Meningkatkan pengetahuan mitra dalam merancang pembelajaran STEAM kearifan lokal. Masalah yang dialami mitra diantaranya a) Rendahnya pengetahuan dan keterampilan Mitra tentang pembelajaran STEAM kearifan lokal; b) Mitra tidak mengetahui merancang pembelajaran STEAM kearifan lokal berbasis projek. Metode yang digunakan adalah pelatihan, pendampingan, dan diskusi antara pelaksana dengan mitra selain itu diadakan workshop pembuatan desain pembelajaran STEAM kearifan lokal berbasis projek. Metode ini dilaksanakan kepada kelompok mitra yang berjumlah 38 orang dan selanjutnya evaluasi dan monitoring dilakukan secara berkala selama 3 bulan  Luaran yang diperoleh adalah: 1) Keterampilan dan perubahan wawasan mitra dalam pembelajaran STEAM kearifan lokal; 2) Mitra mampu merancang pembelajaran STEAM kearifan lokal berbasis projek.
Edukasi Penanggulangan Food Waste Pada Destinasi Wisata Pantai di Desa Cikoang, Kabupaten Takalar Nur Indah Sari; Zulqifli Alqadri; A. Afrinaramadhani Hatta; Ramlawati Ramlawati; Sitti Rahma Yunus
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2024): April
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v4i1.61317

Abstract

Penginapan wisata, homestay dengan spot wisata merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya Food Waste. Limbah makanan atau Food Waste didefinisikan sebagai pangan berlebih adalah pangan kaya organik yang masih dalam kondisi baik dan aman, namun berpotensi terbuang atau dimusnahkan jika tidak dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap Food Waste dan penanggulangan limbah makanan pada destinasi wisata Pantai di desa Cikoang, Kabupaten Takalar. Metode yang digunakan yaitu penyuluhan, diskusi, dan tanya jawab. Teknik penentuan peserta yaitu purposive sampling dengan memperhatikan banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Pantai di PPLH Puntondo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi Food Waste dan penanggulangannya cukup efektif meningkatkan pemahaman peserta pelatihan dengan skor rerata N-Gain sebesar 0,58 pada interpretasi sedang.
Penguatan Lesson Study dalam mendukung Digitalisasi Learning bagi sekolah Penggerak di SMA Negeri 9 Makassar Saparuddin Saparuddin; Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v2i1.33764

Abstract

Kegiatan ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat terkait digitalisasi learning melalui penguatan lesson study bagi sekolah penggerak. Mitra dalam kegiatan ini adalah SMK Negeri 9 Makassar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pedagogik dan keterampilan pembelajaran berbasis digital bagi guru-guru pada sekolah mitra. Lesson study dinilai menjadi salah satu upaya yang dapat silakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman guru-guru melalui kegiatan bersifat kolaboratif dan kerjasama. Metode kegiatan meliputi workshop Lesson study dan Implementasi Lesson study yang terdiri atas tahapan Plan, Do, See dan Redesign. Output dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan pedagogik dan keterampilan dalam digitalisasi pembelajaran yang ditandai dengan dihasilkannya beberapa produk seperti perangkat pembelajaran, e-modul dan video pembelajaran dan lain-lain. Hasil evaluasi program menunjukkan keterlaksanaan program secara maksimal dan respon positif dari guru mitra.
Workshop Mendeley sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dan Alumni FMIPA UNM dalam sitasi dan membuat bibliography Sukarna Sukarna; Aswi Aswi; Wahidah Sanusi; Awi Dassa; Nurhilaliyah Nurhilaliyah
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v3i2.56652

Abstract

FMIPA merupakan salah satu fakultas di UNM yang telah menamatkan sekitar 1000 alumni di tahun 2023 saja. Kepedulian Ikatan Alumni (IKA) FMIPA memotivasi pengurus IKA dan beberapa dosen FMIPA berkolaborasi untuk memberi pengetahuan dan keterampilan kepada alumni dan mahasiswa FMIPA dalam menggunakan software sitasi (seperti Mendeley) sekaligus membuat daftar sitasi dalam membuat karya tulis ilmiah. Tujuan utama dari pengabdian berupa workshop ini adalah untuk membekali mahasiswa dan alumni FMIPA meningkatkan kemampuan membuat sitasi dan daftar sitasi (bibliography) menggunakan aplikasi referensi Mendeley. Sasaran utama dari pengabdian ini adalah mahasiswa (terkhusus Jurusan Matematika) dan alumni FMIPA Universitas Negeri Makassar. Metode interaksi yang digunakan selama pengabdian adalah online classical teaching and training menggunakan Zoom. Interaksi classical teaching dikhususkan untuk menanamkan konsep, pengetahuan awal dan penjelasan alur workshop yang akan dilaksanakan, sedangkan classical training digunakan untuk praktekum peserta secara bertahap untuk lebih menggaransi kepemahaman peserta lebih baik. Hasil dari pengabdian ini sangat baik, karena peserta yang beragam mulai dari yang tidak pernah menggunakan mendeley sampai yang sudah menggunakannya merasakan kepuasan dan peningkatan kemahiran dalam menggunakan Mendeley. Rekomendasi peserta yang mengemuka adalah mereka masih membutuhkan workshop serupa untuk mencapai kemahiran dalam membuat karya ilmiah itu sendiri.

Page 1 of 4 | Total Record : 37