Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 21, No 1 (2024)

KECERDASAN BUATAN DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI: ANALISIS BIBLIOMETRIK

Rahimatul Annisa (Indonesian Education University)
Amir Machmud (Indonesian Education University)
Edi Suryadi (Indonesian Education University)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini meneliti tren publikasi terkait kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran ekonomi dari tahun 1996 hingga 2024 menggunakan analisis bibliometrik. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah publikasi, mencerminkan minat yang meningkat dari kalangan akademisi. Amerika Serikat menjadi kontributor utama dengan 9 dokumen dan 91 kutipan, diikuti oleh China dan beberapa negara lainnya. Tema utama meliputi AI, machine learning, economic analysis. Jurnal utama yang berkontribusi termasuk "Nature Communications" dan "Knowledge-Based Systems." Artikel dengan kutipan terbanyak adalah "Artificial Intelligence for Sustainability: Challenges, Opportunities, and a Research Agenda" oleh Nishant et al. (2020) dengan 342 kutipan. Visualisasi kata kunci menunjukkan lima cluster besar, termasuk "Artificial Intelligence" dan "Economic Analysis." Penelitian ini menyoroti potensi besar AI dalam pendidikan dan kontribusinya terhadap inovasi dan literatur akademik, serta tren penggunaan AI yang terus berkembang dalam konteks pembelajaran ekonomi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau ...