Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 19, No 2 (2022)

PERSEPSI CUSTOMER TERHADAP PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE

Moh. Syaiful Suib (Universitas Nurul Jadid)
Vina Yuli Habsari (Universitas Nurul Jadid)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2024

Abstract

Abstrak: Teknologi canggih saat ini banyak dimanfaatkan masyarakat modern dalam kegiatan sehari-hari. Internet menajadi suatu kebutuhan tersendiri bagi masyarakat terutama dalam hal berbelanja. Perubahan gaya hidup tersebut menjadikan tren belanja online marak yang ditandai dengan banyaknya platform e-commerce muncul secara bersamaan. Perkembangan e-commerce di Indonesia sangat pesat, salah satunya yaitu shopee yang menjadi platform e-commerce paling diingat (top of mind). Adanya penelitian ini  untuk mengetahui bagaimana persepsi customer terhadap platform e-commerce shopee karena tidak mengelak jika dalam transaksi belanja online rentan terjadi penipuan dan sering kali tidak memenuhi ekspetasi yang diinginkan. Teknik  analisis yang digunakan  yaitu kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Survei dilakukan kepada responden khusus pengguna e-commerce shopee dengan total sample 100 orang.  Analisis kuantitatif menggunakan uji korelasi dan regresi linear dimana diperoleh hasil persamaan regresi Y = 0,603X1 + 0,593X2 + 0,607X3, yang dapat diartikan bahwa pilihan produk, kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap persepsi customer.Kata kunci: Pilihan Produk, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Pesepsi Customer

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau ...