Jurnal Gawat Darurat
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Gawat Darurat: Juni 2023

Pengaruh Metode Demonstrasi Choking Management terhadap Pengetahuan Guru di TK

Ibrahim Suleman (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Tersedak merupakan masalah kegawatdaruratan yang memerlukan penanganan cepat dan tepat. Pada anak usia dini diantara cedera yang tidak disengaja, tersedak merupakan salah satu penyebab utama kematian. Guru TK yang sebagai tenaga pendidik anak usia dini memiliki peran disekolah untuk menjaga anak dari kesehatan dan keselamata. Olehnya diperlukannya guru TK yang memahami terkait pencegahan dan penanganan tersedak pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Metode Demonstrasi Choking Management terhadap Pengetahuan Guru di TK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperiment dengan jenis desain control group pre test post test. Populasi sebanyak 42 responden dan menggunakan probability sampling dengan teknik purposive sampling sehingga sampel 40 responden yang terdiri dari 20 responden kelompok intervensi metode demonstrasi dan 20 responden kelompok kontrol leaflet. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian didapatkan terdapat pengaruh metode demonstrasi choking management terhadap pengetahuan guru di TK se- Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan uji wilcoxon dan diperoleh p-value 0.000.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jgd

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Physics Public Health

Description

Jurnal Gawat Darurat (e-ISSN 2685-2268; p-ISSN 2684-9321)menerbitkan artikel-artikel yang merupakan hasil penelitian yang berfokus pada pilar kegawatdaruratan, meliputi: kegawatdaruratan  anak; kegawatdaruratan maternitas; kegawatdaruratan psikiatri, keperawatan kritis; keperawatan gawat ...