Atas dasar pemikiran pengembangan bahan ajar bahasa berbasis keilmuan merupakan kebutuhan yang mendesak bagi mahasiswa, pengembangan itu dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan, seperti halnya pendekatan Seluruh Bahasa. Pengembangan dengan pendekatan ini sebenarnya telah banyak dilakukan oleh pemerhati pembelajaran bahasa khususnya pembelajaran selain bahasa Arab, sebagai langkah awal untuk penelitian pengembangan bahan ajar bahasa Arab Sains berbasis Seluruh Bahasa. Penelitian ini ialah kualitatif, sumber data penelitian mahasiswa dan dokumen, teknik pengumpulan dataobservasi, wawancara dan studi dokumentasi. Observasi dimaksudkan untuk melihat realita di lapangan tentang pembelajaran bahasa Arab. Sementara wawancara peneliti gunakan untuk mengetahui pandangan mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Arab. Adapun studi dokumentasi digunakan untuk melakukan kajian terhadap dokumendokumen terkait dengan pembelajaran bahasa Arab berbasis Seluruh Bahasa. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif. Teknik ini dipandang efektif karena analisis dilakukan sejak pengumpulan data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Bahan ajar Bahasa Arab Sains dengan pendekatan Seluruh Bahasa penting guna mewujudkan pengguna yang memiliki empat keterampilan berbahasa, yakni keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. 2) Tema dan topik bidang fisika yang dapat dikembangkan ialah diawali dengan pengenalan secara ringkas tokoh dan pendapat fisikawan muslim, kemudian 12 (dua belas) tema lainnya berkaitan dengan materi bahasan dalam fisika dasar. 3) Deskripsi Konstruksi bahan ajar bahasa Arab Sains ini ialah dalam isinya diawali dengan pengenalan 5 (lima) mufradat, dilanjutkan dengan hiwar sederhana, materi bacaan, dan materi menulis. Setelah itu, dilengkapi dengan beberapa bentuk latihan yang dapat mengukur keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis.
Copyrights © 2021