Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran e-learning berbasis wordpress, 2) mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pembelajaran e-learning berbasis wordpress, 3) mengetahui apakah pemanfaatan e-learning berbasis wordpress dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dalam bentuk pretest-posttest control group sesign dengan jumlah populasi 124 siswa dan jumlah sampel 52 siswa. Data penelitian diperoleh dengan teknik dokumentasi, angket dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) siswa yang menggunakan pembelajaran e-learning berbasis wordpress setelah diberikan posttest diperoleh nilai rata-ratanya sebesar 84,58 dari skor maksimal 100, 2) siswa yang tidak menggunakan pembelajaran e-learning berbasis wordpress setelah diberikan posttest diperoleh nilai rata-ratanya sebesar 75,00 dari skor maksimal 100, 3) berdasarkan hasil uji hipotesis, menunjukkan bahwa nilai dan 2,009, karena , maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya pemanfaatan e-learning berbasis wordpress dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2019