Jurnal MediaTIK
Volume 2 Issue 2 (2019)

Pemanfaatan E-Learning Berbasis Wordpress Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Ahyani Radhiani (Universitas Negeri Makassar)
Sirwan Sirwan (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran e-learning berbasis wordpress, 2) mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pembelajaran e-learning berbasis wordpress, 3) mengetahui apakah pemanfaatan e-learning berbasis wordpress dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dalam bentuk pretest-posttest control group sesign dengan jumlah populasi 124 siswa dan jumlah sampel 52 siswa. Data penelitian diperoleh dengan teknik dokumentasi, angket dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) siswa yang menggunakan pembelajaran e-learning berbasis wordpress setelah diberikan posttest diperoleh nilai rata-ratanya sebesar 84,58 dari skor maksimal 100, 2) siswa yang tidak menggunakan pembelajaran e-learning berbasis wordpress setelah diberikan posttest diperoleh nilai rata-ratanya sebesar 75,00 dari skor maksimal 100, 3) berdasarkan hasil uji hipotesis, menunjukkan bahwa nilai dan 2,009, karena , maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya pemanfaatan e-learning berbasis wordpress dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MediaTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or ...