Jurnal MediaTIK
Volume 6 Issue 1, Januari (2023)

Efektivitas Metode Pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs Troubleshooting Peripheral Computer Pada Kuliah Perawatan dan Perbaikan Alat Elektronika

Ganggang Canggi Arnanto (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran Practice-Rehearshal Pairs dengan mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen, dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang yang dipilih secara simple random sampling. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan perlakuan dengan metode pembelajaran Practice-Rehearshal Pairs. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data digunakan deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82.8 dan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 69.6, sedangkan melalui perhitungan uji t didapat thitung > ttabel, yaitu nilai thitung sebesar 3,755 dan ttabel pada taraf signifikansinya 5% (0,05) adalah sebesar 2,001, dengan demikian H0 “Hasil belajar kelompok mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs lebih rendah atau sama dengan kelompok mahasiswa yang menggunakan metode ceramah” ditolak dan Ha “Hasil belajar kelompok mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs lebih tinggi di bandingkan kelompok mahasiswa yang menggunakan metode ceramah” diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, rata-rata hasil belajar pada mahasiswa yang menggunakan metode Practice-Rehearsal Pairs lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar mahasiswa yang menggunakan metode ceramah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MediaTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or ...