Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran Practice-Rehearshal Pairs dengan mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen, dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang yang dipilih secara simple random sampling. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan perlakuan dengan metode pembelajaran Practice-Rehearshal Pairs. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data digunakan deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82.8 dan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 69.6, sedangkan melalui perhitungan uji t didapat thitung > ttabel, yaitu nilai thitung sebesar 3,755 dan ttabel pada taraf signifikansinya 5% (0,05) adalah sebesar 2,001, dengan demikian H0 “Hasil belajar kelompok mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs lebih rendah atau sama dengan kelompok mahasiswa yang menggunakan metode ceramah” ditolak dan Ha “Hasil belajar kelompok mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs lebih tinggi di bandingkan kelompok mahasiswa yang menggunakan metode ceramah” diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, rata-rata hasil belajar pada mahasiswa yang menggunakan metode Practice-Rehearsal Pairs lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar mahasiswa yang menggunakan metode ceramah.
Copyrights © 2023