Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X Mipa 1 SMA Negeri 5 Parepare dalam menyelesaikan soal HOTS dengan pengajaran melalui penyelesaian masalah (Teaching through Problem Solving atau TTPS) ditinjau dari kemampuan matematika yaitu siswa dengan kemampuan matematika tinggi dan siswa dengan kemampuan matematika rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang diikuti dengan pemberian tindakan di kelas. Subjek penelitian ada sebanyak 2 orang, 1 orang subjek dengan kemampuan matematika tinggi dan 1 orang subjek dengan kemampuan matematika rendah. Indikator kemampuan berpikir kreatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah indikator berpikir luwes, berpikir lancar, berpikir keterincian dan berpikir orisinal. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi proses berpikir kreatif selama pembelajaran, observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan berpikir kreatif serta pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Subjek dengan kemampuan matematika tinggi menunjukkan cara berpikir kreatif pada hasil tes kemampuan berpikir kreatif. (2) Subjek dengan kemampuan matematika rendah tidak berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal nomor 2 tes kemampuan berpikir kreatif. (3) Penerapan TTPS adalah strategi pembelajaran yang dapat menyokong kemampuan berpikir kreatif siswa.
Copyrights © 2023