Jurnal MediaTIK
Volume 6 Issue 1, Januari (2023)

Pengembangan Flipped Classroom sebagai Model Pembelajaran di Era Digital

Nurhijrah Nurhijrah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang model pembelajaran flipped classroom yang diterapkan dalam mata kuliah Teknik menghias kain. Metode penelitian yang digunakan adalah Desain Berbasis Penelitian (Design-Based Research). Penelitian ini melibatkan beberapa tahap, yaitu perencanaan, perancangan, evaluasi formatif, revisi, desain ulang, dan evaluasi sumatif yang melibatkan dua pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran flipped classroom dapat diimplementasikan dalam enam tahap kegiatan, dua tahap sebelum kelas (keterampilan berpikir tingkat rendah) dan empat tahap di dalam kelas (keterampilan berpikir tingkat tinggi). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inovatif flipped classroom memiliki potensi untuk diterapkan dalam proses belajar-mengajar di perguruan tinggi, dengan tujuan membangun budaya belajar mandiri dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Studi ini juga diharapkan dapat memberikan masukan kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) atau pembuat kebijakan untuk merekomendasikan flipped classroom sebagai model pembelajaran kontemporer di institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MediaTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or ...