Jurnal MediaTIK
Volume 6 Issue 2, Mei (2023)

Aturan Asosiasi Berbasis Algoritma Apriori Pada Penjualan Retail Online

Andi Akram Nur Risal (Universitas Negeri Makassar)
Fhatiah Adiba (Universitas Negeri Makassar)
Andi Aisyah Nurfitri (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Penjualan Retail pada data penelitian ini adalah hasil transaksi penjualan tokoh retail non tokoh di Inggris. Untuk meningkatkan penjualan salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan menganalisis arsip dari transaksi penjual untuk melihat produk yang paling sering dibeli oleh pelanggan menggunakan teknik data mining dengan algoritma apriori. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan suatu aturan asosiasi produk apa saja yang selalu di beli oleh pelanggang dengan membandingkan aturan min support 10% dengan confidance 70%, min support 10% dengan confidance 50%, dan min support 10 dengan confidance 30%. Hasil min support 10% dengan confidance 70% adalah (Knitted Union Flag Hot Water Bottle) (White Hanging Heart T-Light Holder) min support 11% dengan confidance 100%, hasil dari min support 10% dengan confidance 30% dan 50% (Knitted Union Flag Hot Water Bottle) (White Hanging Heart T-Light Holder) dengan nilai min support 11% dengan confidance 100%. Berdasarkan hasil perbandingan diatas terbentuk sebuah aturan yaitu Jika membeli Knitted Union Flag Hot Water Bottle, maka akan membeli White Hanging Heart T-Light Holder

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MediaTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or ...