Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk a) mengetahui media pembelajaran matematika menggunakan MIT App Inventor pada materi trigonometri di SMKN 2 Wajo valid digunakan, b) mengetahui media pembelajaran matematika menggunakan MIT App Inventor pada materi trigonometri di SMKN 2 Wajo praktis digunakan, dan untuk c) mengetahui media pembelajaran matematika menggunakan MIT App Inventor pada materi trigonometri di SMKN 2 Wajo efektif digunakan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan (1974) yaitu model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dissemination). Pengembangan ini tidak sampai pada tahap penyebaran (dissemination) karena adanya beberapa keterbatasan peneliti. Media divalidasi oleh 6 orang ahli dan dinilai oleh 2 orang guru serta pengujian dilakukan dengan 2 tahap uji coba. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah a) berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari uji validasi ahli materi didapatkan kualifikasi sangat valid dan ahli desain dengan kualifikasi sangat valid, b) hasil uji coba peserta didik kelompok kecil didapatkan kualifikasi sangat praktis dan uji coba kelompok besar didapatkan kualifikasi sangat praktis, c) hasil penilaian keefektifan media oleh guru didapatkan kualifikasi sangat efektif dan hasil penilaian peserta didik didapatkan dengan kualifikasi sangat efektif
Copyrights © 2021