Pembelajaran yang kurang bervariasi dapat menjadikan siswa kurang bersemangat dan berujung pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti menerapkan media word wall untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas Va SD S Tiga Hati Kepenuhan Hulu tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan peneliti dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdapat 4 tahapan yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media word wall berjalan dengan baik karena menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari akhir siklus I sebesar 85,71% dan pada akhir siklus II sebesar 90,48% yang merupakan peningkatan yang baik. Nilai rata-rata pada akhir siklus I sebesar 80,94 dan pada akhir siklus II sebesar 82,38 sedangkan pada aktivitas siswa dari siklus I sebesar 80% dana meningkat pada siklus II sebesar 100%. Secara keseluruhan terlihat bahwa penerapan media word wall dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas Va SD S Tiga Hati Kepenuhan Hulu.
Copyrights © 2024